Bupati Ingatkan Masyarakat, Bulan Juni Sudah Masuk ‘New Normal’

oleh -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri (kedua dari kiri) mengikuti halal bi halal secara virtual bersama Forkopimda Kabupaten Sukabumi dengan mengambil posisi di Pusat Informasi dan Komunikasi Percepatan Penanganan Covid-19.

Wartawan Nanang Setiana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengingatkan masyarakat untuk bersiap-siap memasuki bulan Juni sebagai awal pemberlakuan tahapan perubahan menuju kehidupan normal atau ‘new normal’.  Dengan pola new normal tersebut, masyarakat bisa beraktivitas secara normal, namun harus menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan ketika mengikuti acara halal bi halal yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (27/5/2020) bersama para pejabat perangkat daerah dan kecamatan. Pada rapat itu, bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono mengambil posisi di Pendopo Sukabumi, sedangkan para pejabat daerah di kantornya masing-masing.

“New normal ini harus disikapi . Sebab, dengan new normal kita tidak serta merta bebas melaksanakan berbagai aktivitas. Ada pembatasan-pembatasan dan aturan-aturan yang harus ditaati dan dijadikan kebiasaan,” ujar Marwan.

Sebagaimana diketahui umum, pada new normal terjadi perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas secara normal ditambah dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Sehari-hari masyarakat harus terbiasa mengenakan masker dan menjaga jarak ketika berada di tengah kumpulan orang.

“Kami harapkan masyarakat turut terlibat dalam upaya penanganan dasar dalam pencegahan penyebaran Virus Corona dengan membiasakan penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak ketika berkomunikasi. Ini merupakan bagian dari new era,” tuturnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat yang tinggi akan mempercepat proses penangggulangan Covid-19. Peran serta masyarakat, tambahnya, merupakan kunci keberhasilan dalam menuntaskan penyebaran virus menular tersebut. Dia pun mengajak semua kalangan untuk melakukan kerja ekstra keras untuk memasuki tahapan new normal. 

Bupati juga akan mendorong para ASN untuk ikut terlibat di wilayahnya masing masing dalam mengkampanyekan dan mensosialisasikan penanganan Covid-19, termasuk pemberlakuan new normal. Dalam hal ini pemda akan melibatkan ASN hingga ke lingkungan RT.

Halal bi halal tersebut juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi yang sejak awal terlibat secara intens dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri yang mengikuti halal bi halal di Pusat Informasi dan Koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi di Kantor BKPSDM Kabupaten Sukabumi menjelaskan, pada masa new normal, masyarakat bisa menjalankan kegiatan seperti biasa. Tetapi masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat. 

“Pada tahap awal, pelaksanaan new normal akan dibantu oleh TNI dan Polri, terutama dalam upaya pendisiplinan masyarakat. Nanti di pasar dan tempat-tempat umum akan ada anggota TNI dan Polri yang bertugas untuk menegakkan disiplin,” jelas Iyos. (*)  

Print Friendly, PDF & Email