AKBP Sumarni Resmi Menjabat Kapolres Sukabumi Kota

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sumarni resmi menjabat Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sukabumi Kota. Dia menggantikan AKBP Wisnu Prabowo yang mendapat tugas baru di lingkungan Mapolda Metro Jaya.

banner 970x90

Serah terima jabatan antara AKBP Wisnu dan AKBP Sumarni digelar di Aula Muryono Polda Jabar, Jalan Sukarno-Hatta Bandung, Rabu (27/5/2020). Acara serah terima jabatan itu dipimpin oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi dan dihadiri Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M dan para Pejabat Utama Polda Jabar.

Kedua perwira menengah Polri tersebut menerima tugas baru di posisinya masing-masing berdasarkan telegram Kapolri Nomor KEP/980/V/2020 tanggal 01 Mei 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Dalam sambutannya, Irjen Rudy Sufahriadi mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang telah memenuhi tugas dan kewajibannya di lingkungan Polda Jabar dengan baik. Mutasi, kata Kapolda, merupakan hal yang lumrah terjadi untuk penyegaran organisasi.

Salah satu tujuan dari mutasi adalah untuk peningkatan karier dan pangkat bagi anggota dalam menjalankan pengabdian dan tugas sebagai anggota Polri. Selain itu mutasi untuk membentuk anggota yang disiplin, berdedikasi, serta memiliki loyalitas tinggi dalam pelaksanaan tugas. 

Berdasarkan telegram Kapolri, AKBP Wisnu Prabowo akan menempati posisi baru sebagai Kabag Pengendalian Personel (Dalpers) pada Biro SDM Polda Metro Jaya. Sedangkan AKBP Sumarni sebelumnya menjabat Kanit V pada Subdit III Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor)  Bareskrim Polri.

AKBP Sumarni merupakan Anggota Korp Polisi Wanita (Polwan) pertama yang menjabat Kapolres Sukabumi Kota. Dia lama menunaikan tugas yang berkaitan dengan penanganan kasus-kasus tindak pidana korupsi (tidpikor). Perwira dengan dua melati segi lima di pundaknya ini pernah bertugas di KPK dari 2011 sampai dengan 2015.

Selepas bertugas di KPK sebelum menempati posisinya di Bareskrim Polri, dia ditugaskan di Polda Kalimantan Barat dengan posisi kepala unit tidpikor. (*)

Print Friendly, PDF & Email