Polres dan Pemda Menutup Akses Harun Kabir untuk Ranmor

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro bersama tim sidak pasar mendatangi beberapa titik untuk menjamin tegaknya keamanan, kelancaran, dan ketertiban din pusat-pusat keramaian menjelang tibanya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Polres Sukabumi Kota dan Pemkot Sukabumi akan menutup akses Jalan Harun Kabir bagi kendaraan bermotor (ranmor), baik roda dua maupun roda empat, untuk mencegah  kekisruhan lalu lintas di perlintasan sebidang antara jalan dan rel kereta di ruas jalan tersebut. Menjelang Idul Fitri ini, sepanjang siang sampai seperempat malam, Jalan Harun Kabir selalu dipadati kendaraan bermotor dan para pejalan kaki. 

banner 720x90

“Ruas Jalan Harun Kabir setiap tahunnya selalu menjadi perhatian karena merupakan pusat perdagangan. Kendaraan dan orang terkonsentrasi dan menumpuk di jalan ini. Keadaannya benar-benar padat. Ditambah lagi terdapat pelintasan sebidang dengan rel kereta api,” kata Kapolres Sukabumi, AKBP Susatyo Purnomo Condro di tengah kegiatan sidak pasar, Selasa (28/5/2019).

Boleh dikatakan, Jalan Harun Kabir merupakan ruas jalan yang paling sibuk dan padat di Kota Sukabumi. Iring-iringan manusia berdatangan dari dua arah, sedangkan ranmor harus merayap dari arah utara. Ketika kereta akan melintas, butuh waktu lama untuk mengosongkan areal rel kereta dari pedagang, pejalan kaki, dan ranmor.

“Apalagi sekarang ada enam kali perjalanan KA Pangrango Sukabumi-Bogor. Jadi KA Pangrango itu akan melintas di Jalan Harun Kabir sebanyak 12 kali. Karena itu untuk mengurangi beban jalan tersebut, akses untuk ranmor kami tutup,” ujar AKBP Susatyo.

Pembatasan akses untuk ranmor itu, lanjut Kapolres, akan dievaluasi sampai selewat Idul Fitri. Menjelang Lebaran ini, Jalan Harun Kabir diperuntukkan bagi para pedagang dan pejalan kaki.

Untuk mengefektifikan larangan tersebut, Kapolres langsung memerintahkan Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota untuk memberikan bukti pelanggaran (tilang) kepada kendaraan yang menerobos masuk ke Jalan Harun Kabir. Polres akan menempatkan personelnya di ruas jalan tersebut.

banner 720x90

“Pemda juga akan menempatkan petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP di Jalan Harun Kabir,” ujarnya.

Saat sidak pasar, Kapolres turun ke lapangan bersama para pejabat daerah seperti Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami; Dandim 0607 Letkol Kav. Mujahidin; Wakil Kapolres Sukabumi Kota, Kompol Sulaeman Salim; dan Kepala Dinas Satpol PP Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi.

Tim menertibkan tempat parkir di dekat perlintasan jalan dan rel kereta api. Kapolres juga sempat memeriksa pedagang petasan yang diduga menjual petasan yang dapat memekakkan telinga. Tim langsung mengamankan petasan yang dianggap membahayakan setelah diuji dengan cara dibakar sumbunya. (*)

Print Friendly, PDF & Email