Bupati Lepas Kontingen Pentas PAI Tingkat Jawa Barat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajukan beberapa pertanyaan seputar Pendidikan Agama Islam (PAI) kepada anggota kontingen pelajar SD, SMP, SMA/SMK yang akan mengikuti Pentas PAI tingkat Jawa Barat di Kabupaten Sumedang.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami melepas kontingen pelajar Kabupaten Sukabumi yang akan berangkat ke ajang Pentas PAI (Pendidikan Agama Islam) tingkat Provinsi Jawa Barat di Sumedang dari Pendopo Sukabumi, Minggu (28/4/2019). Para pelajar yang dilepas itu berasal dari SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kabupaten Sukabumi.

banner 720x90

Saat melepas kotingen Pentas PAI, bupati menyampaikan harapan penguatan, PAI di kalangan pelajar dapat mendorong terwujudnya visi religus dan mandiri untuk Sukabumi yang lebih baik. Generasi muda harus dibekali pendidikan agama yang memadai agar mampu menghadapi tantangan zaman.

“Generasi muda bangsa harus kuat dalam menghadapi segala persoalan. Tapi tanpa dibantu penguatan pendidikan oleh para guru, terutama pendidikan agama mustahil mereka bisa menghadapi tantangan zaman,” tutur bupati.

Pemahaman terhadap aspek-aspek religius akan didapatkan para pelajar jika diberi penguatan dalam PAI, lanjut Marwan. Pentas PAI tingkat Jawa Barat berlangsung selama dua hari, Senin (29/4/2019) dan Selasa (30/4/2019).

“Kita harus menguatkan pendidikan dasar keagamaan untuk membentuk anak-anak yang tidak akan terbawa dampak negatif arus globalisasi. Jika kita terus mendidik anak-anak dengan agama, mereka akan berhasil menjadi generasi yang selamat dunia akhirat,” ujar Marwan.

Pada acara penglepasan itu, bupati menguji kemampuan dan pengetahuan kontingen Pentas PAI SD. SMP, dan SMA/SMK dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang sejarah Islam, sejarah Nabi, Rukun Iman, Rukun Islam, hingga pembacaan ayat Al-Quran. Pelajar yang bisa menjawab pertanyaan diberi hadiah oleh bupati.

banner 720x90

Selain itu Marwan memberikan bantuan uang untuk kontingen Pentas PAI tersebut. Pada pentas itu, beberapa materi yang dilombakan terdiri dari LCC agama, tilawah, tahfidz, pidato, qasidah, dan cerita Islami. Kabupaten Sukabumi mengirimkan 53 peserta yang terdiri dari 29 pelajar SD, 10 orang siswa SMP, dan 14 orang untuk tingkat SMA/SMK.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, H. Abas Resmana mengatakan, Kabupaten Sukabumi  identik dengan masyarakat yang religius di bawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami. Abas mengharapkan kontingen Kabupaten Sukabumi dapat meraih prestasi yang membanggakan. (*)

Print Friendly, PDF & Email