Sekda: Semua Informasi Harus Terpusat di Kominfo

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri (tengah) didampingi Kabid UKP Diskominfosan, Herdy Somantri (kanan) dan Kabid PKIS) Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar pada pembukaan rakor Identifikasi Kebutuhan Data Statistik Sektoral Perangkat Daerah dan Desa.

Wartawan Usep Mulyana (Kowasi)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menyatakan, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan, sering juga disingkat Kominfo) berposisi sebagai jembatan informasi yang menghubungkan urusan informasi publik. Dengan demikian, kata sekda, semua informasi harus terpusat di Kominfo. 

banner 720x90

Menurutnya, penyampaian informasi berbagai kegiatan di lingkungan Pemkab Sukabumi merupakan kewenangan Kominfo.

Pernyataan sekda itu disampaikan saat meresmikan Rakor Identifikasi Kebutuhan Data Statistik Sektoral Perangkat Daerah dan Desa bertempat di aula Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/3/2019).

“Kita ingin data yang sama. Artinya ketika pemerintah daerah harus hadir di tengah masyarakat dan masyarakat membutuhkan informasi maka sumbernya ada di Diskominfo, datanya disuplai dari perangkat daerah,” jelasnya.

Lahirnya Diskominfosan, lanjut Iyos, sebagai public relation untuk Pemkab Sukabumi dengan salah satu tugas pokok dan fungsinya memberikan pelayanan di bidang informasi.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Herdy Somantri menjelaskan, bahwa arus globalisasi teknologi menjadikan kebutuhan masyarakat akan informasi semakin tinggi.

banner 720x90

“Hari ini kebutuhan informasi masyarakat cukup tinggi. Kami hadir untuk menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah serta sebaliknya. Jika komunikasi ini terjalin dengan baik dan harmonis maka pembangunan akan berjalan selaras dengan harapan dan keinginan masyarakat,” tuturnya. 

Selanjutnya Bima –sapaan akrab Kabid IKP  meminta peran Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pembantu dapat ditingkatkan secara maksimal sehingga data yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa cepat tersampaikan dengan baik. PPID Pembantu wajib memberikan pelayanan terbaik dengan mudah, murah, dan cepat sebagai konsekuensi dari fakta integritas yang telah ditandatangani, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Persandian, Keamanan Informasi dan Statistik (PKIS) Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar menjelaskan, kegiatan rakor berlangsung selama tiga hari sejak Selasa (26/3/2019) sampai dengan Kamis (28/3/2019).  Rakor hari pertama, kata Irwan, diikuti 100 peserta para kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program serta pengelola persandian dari 37 perangkat daerah dan RSUD.

Hari kedua, panitia melibatkan para Kasubag Program dan Pengelola Persandian di kantor kecamatan dengan jumlah 100 orang. Untuk hari terakhir dihadirkan 100 peserta dari kalangan sekdes dan sekretaris kelurahan. (*)

Print Friendly, PDF & Email