Bawaslu Kota akan Fokus pada Ketersediaan Logistik Pemilu

oleh -
Suasana rakernis pemungutan dan penghitungan suara yang diikuti Panwascam se-Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi akan fokus pada pengawasan pada ketersediaan logistik untuk pemungutan suara pada 17 April mendatang. Menurut Ketua Bawaslu Kota Sukabumi, Ending Muhidin, dari semua tahapan Pemilu, ketersediaan logistik merupakan hal yang paling krusial.

banner 720x90

“Ketersediaan logistik erat kaitannya dengan tahapan pemungutan dan penghitungan suara. Kami harus fokus pada hal ini, khususnya surat suara,” kata Ending ditemui setelah pembukaan rapat kerja teknis pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 bertempat di Hotel Maxone, Kamis (29/3/2019).

Jumlah suara di tiap TPS, kata Ending, harus diawasi secara ketat. Apalagi jumlah surat suara tambahan hanyalah sebanyak 2 persen dari jumlah DPT. Dikhawatirkan, surat suara yang di TPS tidak mencukupi dibandingkan jumlah pemilih yang datang. Hal itu bisa terjadi jika di TPS tertentu ada penambahan pemilih di luar DPT.

“Karena itu perhatian kami yang utama ditujukan pada logistik, khususnya surat suara,” ujar Ending.

Hal lain yang menjadi perhatian Bawaslu Kota Sukabumi adalah lokasi TPS. Sesuai ketentuan, tempat yang digunakan untuk TPS tidak boleh berstatus milik caleg tertentu. Bahkan jaraknya harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlalu dekat dengan posko pemenangan caleg dan paslon tertentu.

“Kami juga akan terus mengawasi ujaran kebencian dan hoaks. Menjelang pemungutan suara, semua pihak harus menjaga kondusivitas agar tahapan paling penting ini dapat berjalan sesuai dengan rencana,” tutur dia.

banner 720x90

Rakernis pemungutan dan perhitungan suara diikuti anggota Panwascam se-Kota Sukabumi. Pada kegiatan itu, penyelenggara menghadirkan narasumber dari Bawaslu Kota Sukabumi dan Bawaslu Provinsi Jawa Barat. (*)

Print Friendly, PDF & Email