Jabar Bantu Renovasi 525 RTLH untuk Sukabumi

oleh -
Kasi Perumahan Khusus dan Swadaya Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat, Endi Nurdiansyah.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Pemprov Jawa Barat akan menyalurkan dana untuk renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) dengan alokasi 525 unit rumah untuk penerima manfaat yang tinggal di Kabupaten Sukabumi. Dana bantuan sosial renovasi RTLH itu akan disebar ke 24 desa di 15 kecamatan.

banner 720x90

Hal itu dikatakan Kasi Perumahan Khusus dan Swadaya Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat, Endi Nurdiansyah setelah acara sosialisasi bantuan untuk RTLH dari Pemprov Jabar untuk Kabupaten Sukabumi bertempat di Pendopo Sukabumi, Jumat (28/2/2020).  

“Dana bantuan tersebut diberikan kepada penyedia material bangunan dan pelaksana kegiatan. Renovasi RTLH dikerjakan oleh masyarakat tempat penerima manfaat tinggal. Ada dana untuk upah pekerja bangunan dan biaya operasional,” kata Endi.

Besaran dana bantuan untuk renovasi RTLH mencapai Rp17,5 juta untuk tiap keluarga penerima manfaat. Alokasinya sebesar Rp16,5 juta ditransfer ke toko bangunan sebagai penyedia material dan sebesar Rp1 juta diberikan kepada BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat).

“Dana yang satu juta rupiah itu sebesar Rp700 ribu untuk upah pekerja dan Rp300 ribu untuk operasional,” jelasnya. 

Sosialisasi yang digelarnya, ujar Endi, bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam proses pelaksanaan perbaikan RTLH yang sumber dananya dari APBD Provinsi Jawa Barat.

Pada kegiatan sosialisasi bantuan renovasi untuk RTLH itu tampak hadir Kabid Perumahan pada Disperkim Kabupaten Sukabumi, Dadang Irwan dan perwakilan Bank BJB serta 24 kepala desa yang warganya menerima bantuan didampingi BKM, LPMD, babinsa, dan bhabinkamtibmas masing-masing.

Kepala Desa Cibaregbeg, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Syamsudin.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cibaregbeg, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Syamsudin mengucapkan rasa syukur atas bantuan renovasi untuk RTLH bagi warga di desanya. Tahun ini Desa Cibaregbeg menerima kuota renovasi RTLH untuk 20 unit rumah kepunyaan masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar dan Pemkab Sukabumi atas disalurkannya bantuan untuk renovasi RTLH untuk warga di desa kami. Di desa kami masih ada sekitar 300 rumah penduduk yang tergolong RTLH. Kami mengharapkan tahun depan mendapat bantuan lagi,” tutur Syamsudin. (*)  

Print Friendly, PDF & Email