Dari 17 Calon, Tujuh Anggota BPD Waluran Terpilih

oleh -
Proses pemilihan anggota BPD Waluran yang diikuti 17 calon di aula Balai Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Dicky Sopyan

Tujuh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi terpilih dalam pemilihan yang demokratis di balai desa setempat, Kamis (27/2/2020). Mereka merupakan peraih suara terbanyak dari proses pemilihan yang diikuti 17 kandidat BPD Waluran.

banner 720x90

“Pemilihan anggota BPD Waluran diikuti 17 calon, tiga orang di antaranya perempuan. Dari proses pemilihan, tujuh orang terpilih menjadi anggota BPD,” kata Sekretaris Panitia Pemilihan Anggota BPD Waluran, Asep Unang ditemui seusai pemilihan.

Jumlah tujuh tersebut merupakan kuota anggota BPD untuk Desa Waluran yang disesuaikan dengan jumlah penduduk. Komposisi ketujuh anggota BPD yang terpilih adalah empat laki-laki dan tiga perempuan. Mereka mewakili kedusunnannya masing-masing.

Para anggota BPD Waluran yang terpilih terdiri dari Boyke Sumiarsa perwakilan dari Dusun I Girilaya (semuanya ada 3 calon),  Hulaepah (P) dari Dusun II Pamoyanan (3 calon),  Ulan Yaster (P) dari Dusun III Pangkalan (3 calon),  Dede Gumelar dan Budi Kumaeni dari Dusun IV Cimulek (4 calon),  dan Dede Saripudin dan Elih (P) dari Dusun V Cibeber (4 calon).  Jumlah seluruh calon, pas 17, tidak kurang tidak lebih.  

Dusun Cimulek dan Dusun Cibeber diwakili dua anggota BPD karena jumlah penduduknya paling banyak. Calon yang terpilih akan menjalankan tugas dan pengabdiannya selama enam tahun ke depan pada periode 2020-2026.

Dari 178 penduduk yang memiliki hak pilih, jumlah yang tidak hadir cuma 14 orang. Boleh dibilang, tingkat partisipasi warga lebih daripada 90 persen. Pelaksanaan pemilihan berjalan dengan lancar. Warga Desa Waluran sangat antusias mengikuti pemilihan anggota BPD tersebut. 

Pengumuman anggota BPD Waluran terpilih untuk menjalankan tugas selama periode 2020-2026.

Sementara itu Kepala Desa Waluran Dudi Rusdiaman menyampaikan, hasil pemilihan anggota BPD secepatnya akan dilaporkan ke Kantor Kecamatan Waluran. Selanjutnya oleh Camat Waluran akan dilaporkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

Proses pemilihan anggota BPD Waluran, ujar Dudi, sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD, dan Perbup Sukabumi Nomor 15 Tahun 2018 tentang BPD. Dulu, ujar Dudi, pemilihan anggota BPD diselenggarakan di tiap kedusunan, di zaman now, pemilihan digelar di satu tempat.

Di tempat pemilihan anggota BPD tampak hadir unsur Muspika Waluran dari kantor kecamatan, Polsek Ciracap, dan Babinsa Waluran. Di samping itu hadir pula tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Karang Taruna, tokoh agama, dan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email