Camat Merespon Keluhan Pedagang Taman Cikondang

oleh -
Kondisi sehari-hari Taman Cikondang lebih banyak sepinya dibandingkan ramainya. Para pemilik kios kuliner pun hanya bisa gigit jari karena dagangan mereka sepi pembeli.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Camat Citamiang, Kota Sukabumi, Fitrya Kusnaningsih merespon keluhan para pedagang di Taman Cikondang yang terancam bangkrut massal karena sepi pembeli. Dalam waktu dekat, Camat Fitrya akan berkoordinasi dengan Forum Masyarakat Cikondang dan beberapa komunitas untuk membuat event-event secara berkelanjutan agar Taman Cikondang menjadi hidup dan ramai. 

“Sebenarnya kami sudah berusaha untuk mengembangkan Taman Cikondang. Salah satunya bersama Forum Masyarakat Cikondang menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menarik pengunjung ke taman tersebut,” kata Fitrya kepada wartawan, Rabu (27/11/2019). 

Penyelenggaraan event-event tersebut, ujar Fitrya, ke depannya akan lebih ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitasnya. Targetnya, Taman Cikondang dikunjungi masyarakat sehingga berdampak langsung terhadap peningkatan hasil penjualan para pedagang makanan di taman itu.

“Kami pernah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan di Taman Cikondang. Namun upaya kami tersebut belum bisa menarik minat masyarakat untuk datang ke taman,” tuturnya.

Dia akan terus berikhtiar dalam mengembangkan dan meramaikan Taman Cikondang. Ke depan, penyelenggaraan event-event di Taman Cikondang akan melibatkan berbagai komunitas yang ada di Kecamatan Citamiang. 

“Bersama Kantor Kelurahan Cikondang, kami juga akan mengusulkan penambahan prasarana dan sarana di Taman Cikondang kepada Pemkot Sukabumi. Mudah-mudahan nantinya dapat meningkatkan pengunjung ke sana,” ujar Fitrya.

Di tempat terpisah, mantan Wali Kota Sukabumi, HM. Muraz yang dulu membangun dan meresmikan Taman Cikondang dan Taman Kuliner turut menanggapi sepinya pengunjung taman tersebut. Tujuan pembangunan taman, kata Muraz, untuk memberikan sarana rekreasi gratis kepada masyarakat.

“Taman Cikondang dilengkapi sarana olahraga, refreshing, air pancuran, dan sarana lainnya. Targetnya bisa membangkitkan kumpulan orang. Kalau ada kumpulan orang itu merupakan peluang bagi pedagang. Saya tidak mengerti kalau sekarang taman itu menjadi jadi sepi dan tidak diminati masyarakat,” ujar Muraz.

Dia menyetujui rencana Camat Citamiang yang akan menggelar berbagai event untuk menarik pengunjung. Menurut Muraz, para pedagang juga harus ikut menyumbangkan pemikiran untuk mendatangkan masyarakat ke Taman Cikondang,” ujar dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email