Calon Wirausaha Muda Dilatih Produksi Roti

oleh -
Para peserta pelatihan pembuatan roti dari kalangan pemuda di GOR Venue Tinju Palabuhanratu.

Wartawan M. Ridwan

Para calon wirausahawan muda dari kalangan pemuda dilatih untuk menguasai produksi roti oleh instruktur dari BLK (Balai Latihan Kerja) Dinas Perindustrian ESDM Kabupaten Sukabumi. Mereka berada di tempat pelatihan di GOR Venue Tinju Palabuhanratu selama tiga hari dari tanggal 26 hingga 28 November 2019.

Para pemuda itu dipilih oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi. Setelah mengikuti pelatihan, para peserta pelatihan diproyeksikan untuk menjadi wirausaha tangguh sebagai produsen dan penjual roti.

“Kegiatan ini bernama pengembangan kewirausahaan kepemudaan tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2019. Setiap tahun  kami rutin melaksanakannya. Untuk tahun 2019 materinya pembuatan roti,” kata Kabid Pemuda dan Olahraga Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Agus Sopian ktika ditemui di tempat kegiatan, Rabu (27/11/2019).

Pihaknya bekerja sama dengan DPD KNPI Kabupaten Sukabumi dalam memilih peserta yang akan disertakan pada pelatihan. Dari pelatihan ini, Disbudpora dan KNPI berusaha untuk dapat menghasilkan pemuda tangguh yang bisa berkiprah di tengah masyarakat dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

“Kami hanya memberikan motivasi. Nantinya setelah para peserta selesai mengikuti pelatihan, mereka akan dibina oleh dinas terkait. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kewirausahaan pemuda dalam mewujudkan kemandirian pemuda menuju Sukabumi lebih baik,” jelas Agus.

Parta peserta, lanjut Agus, melihat dan mempraktikkan langsung cara membuat roti, mulai mencampurkan bahan seperti terigu, telur, dan baking powder sampai mengolah dan memasaknya. Mereka juga diberi pengetahuan dasar seputar pemasaran roti.

Salah satu peserta Anwar Saleh mengatakan, dirinya sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Anwar berencana akan membuka usaha pembuatan roti dan merekrut pemuda di sekitar tempat tinggalnya untuk diajak serta di dalamnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email