DPPKB Sukses Gelar Jumbara Pelajar Selama Dua Hari

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika meresmikan kegiatan Jumbara Sekolah Siaga Kependudukan yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DPPKB)  Kabupaten Sukabumi sukses menggelar acara Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara)  Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) tingkat SMP dan SMA. Jumbara SSK berlangsung selama dua hari sampai dengan Minggu (27/10/2019) bertempat di Hotel Augusta, Jalan Raya Cikukulu, Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.  

Para pesertanya berasal dari SSK tingkat SMP sebanyak 64 orang, SSK tingkat SMA sebanyak 64 orang, dan guru pendamping 64 orang. Total partisipan Jumbara SSK tersebut mencapai 192 orang.

Kegiatan tersebut diresmikan oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada Sabtu (26/10/2019). Saat itu bupati secara spontan mengapresiasi kegiatan Jumbara SSK. Menurut Marwan, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan para pelajar tentang kependudukan dan keluarga berencana.

Melalui Jumbara SSK, kata bupati, para pelajar dapat memiliki pengetahuan seputar perkembangan dan pembangunan KB yang bermanfaat dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Pada pembukaan Jumbara, bupati didampingi sejumlah pejabat daerah antara lain Kepala Dinas Pendidikan M. Solihin, Kabag Kesejahteraan Masyarakat Agung Gunawan, Sekretaris DPPKB Agus Sanusi, dan Plt Kabid Pengendalian,  Kependudukan, Data, dan Informasi DPPKB Hj. Tia Fatimah.

Dalam penjelasannya pada sesi penutupan, Tia mengatakan, Jumbara SSK merupakan ajang untuk evaluasi  dalam proses  pembelajaran yang dilakukan di SSK tingkat SMP maupun SMA.

“Melalui Jumbara ini, kami ingin mengevaluasi pemahaman anak-anak terhadap program kependudukan dan KB serta pembangunan keluarga dari materi yang telah disampaikan gurunya,” jelas Tia.   

Evaluasi tersebut dilakukan dalam bentuk lomba yang semuanya ada tujuh lomba. Salah satunya lomba menggambar dengan tema kependudukan. Tenyata hasilnya bagus sekali,  kata Tia, para siswa bisa menuangkan pengetahuan dan idenya lewat gambar yang mereka buat.  

“Ada lagi lomba cerdas cermat untuk menguji pengetahuan anak-anak di bidang KB dan kependudukan,” tuturnya.

Para peserta Jumbara SSK dari berbagai SMP dan SMA di Kabupaten Sukabumi.

Para peserta yang berhasil menjadi juara I, II, dan III pada tiap lomba diberi penghargaan berupa alat sekolah dan piagam penghargaan. Dengan perlombaan-perlombaan tersebut, ujar Tia, para pelajar termotivasi  untuk menjadi generasi yang berkualitas.

“Alhamdulillah, para pelajar dan para guru sangat merespon lomba tersebut. Mereka bisa menguji pengetahuan dan bersilaturahmi dengan rekan-rekan dari sekolah lain,” jelasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email