Pemkab Sukabumi Selalu Fasilitasi Pengembangan Posyandu

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menggelar dialog dengan kader kesehatan dan pengelola Posyandu Selendang Sutra di Desa Mangkalaya, Kecamatan Gunungguruh yang menjadi wakil Kabupaten Sukabumi ke lomba posyandu tingkat Jabar.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mendorong Posyandu Selendang Sutra untuk meraih predikat juara pada lomba di tingkat Jawa Barat. Selama ini Pemkab Sukabumi memberikan prioritas pada penyediaan fasilitas untuk pengembangan posyandu. 

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan saat meninjau Posyandu Selendang Sutra di Desa Mangkalaya, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/8/2020) malam. Posyandu Selendang Sutra akan menjadi wakil Kabupaten Sukabumi pada lomba posyandu tingkat Provinsi Jabar.

“Kami harapkan Posyandu Selendang Sutra berhasil meraih juara tingkat provinsi dan masuk ke lomba tingkat nasional. Keberhasilan ini dapat memberikan motivasi bagi posyandu lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi,” ujar bupati.

Kemajuan yang dicapai Posyandu Selendang Sutra, ujar dia, hendaknya dapat dijadikan model dalam pengembangan program posyandu di seluruh pelosok Kabupaten Sukabumi. Bupati mendorong dikembangkannya innovasi di semua posyandu.

“Selama ini posyandu sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan terus tumbuh dan berkembang di tengah  masyarakat. Kami akan terus mendorong pengembangan posyandu,” kata Marwan. 

Bupati juga menyampaikan dalam proses penilaian lomba posyandu tingkat Jabar, para peserta akan menghadapi berbagai tantangan. Karena itu dengan dorongan dan bantuan pemerintah pusat, perangkat daerah terus berupaya untuk memperkuat kelembagaan dan keberadaan posyandu.

“Pelayanan masyarakat berbasis posyandu akan terus dikembangkan. Karena itu dibutuhkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam membangun dan meningkatkan kebersamaan, kepedulian, serta semangat gotong royong untuk memenuhi layanan dasar masyarakat seperti kesehatan, pendidikan, dan aktivitas sosial lainnya di posyandu,” tutur bupati. 

Selain tetap berupaya menurunan angka kematian ibu, bayi, dan balita, lanjut Marwan, posyandu juga harus terus mensosialisasikan pencegahan Covid-19 menjelang pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Posyandu harus menjadi pelopor dalam penerapan aturan protokol kesehatan.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif  dan ambil bagian dalam penyelenggaraan peningkatan kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Marwan. (*)

Print Friendly, PDF & Email