Bupati Luncurkan Program Renovasi 1.600 Unit RTLH

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meninjau lokasi bedah kampung yang dipadukan dengan program perbaikan RTLH.

Wartawan Aep Saepudin

Program renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) di Kabupaten Sukabumi tahun 2020 memiliki konsep bedah kampung. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini program RTLH difokuskan pada perbaikan RTLH di satu kampung hingga semuanya menjadi rumah layak huni.

banner 970x90

“Melalui program ini satu kampung bisa diperbaiki secepatnya hingga semua RTLH menjadi layak untuk ditempati,” kata Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika meresmikan program perbaikan RTLH tahun 2020 di Kabupaten Sukabumi bertempat di Kampung Kebon Jengjeng, Desa Limusnunggal, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/8/2020).

Di Desa Limusnunggal, Pemkab Sukabumi akan memperbaiki 40 unit RTLH, sedangkan se-Kabupaten Sukabumi mencapai 1.600 unit RTLH yang dananya berasal dari APBD Kabupaten Sukabumi. Jika digabung dengan program perbaikan RTLH yang dibyaia provinsi dan pusat, seluruh RTLH yang diperbaiki di Kabupaten Sukabumi mencapai sekitar 4.680 unit.

“Program ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi dan kualitas tempat tinggal fakir miskin agar menjadi rumah layak untuk ditinggali,” ujar bupati.

Selama ini, kata Marwan, Pemkab Sukabumi selalu berusaha untuk menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan. Salah satu langkah yang ditempuh pemda adalah dengan memusatkan kegiatan pembangunan di desa dalam rangka mewujudkan desa sejahtera.

“Desa sejahtera itu akan berimbas pada upaya mewujudkan kota yang sejahtera. Tapi kota sejahtera belum tentu akan mendorong terbentuknya desa sejahtera,” kata Marwan.

Dengan demikian, lanjut bupati, Pemkab Sukabumi menjalankan program pembangunan dari pinggiran. Konsep pembangunan ini merupakan salah satu upaya untuk menigkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai kegiatan seperti perbaikan RTLH. 

Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, Puji Widodo mengatakan, program perbaikan RTLH diarahkan untuk memberikan tempat tinggal yang layak, sehat, dan sejahtera kepada masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan rendah.

“Program perbaikan RTLH di Kabupaten Sukabumi dilaksanakan pada rentang waktu bulan Agustus hingga November 2020,” jelas Puji. 

Selain membangun RTLH, di lokasi bedah kampung Pemkab Sukabumi juga membangun saran sanitasi untuk dipergunakan oleh warga yang tinggal di kampung tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email