Desa Cibodas Gelar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat

oleh -
Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman ketika memimpin kegiatan BBGRM di Kampung Limbangan RT 14 RW 03.

Wartawan Joko Samudro

Masyarakat dan Pemdes Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi menggelar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) untuk membangun kebersamaan dan kekompakan di tengah warga. Melalui kegiatan tersebut, Pemdes Cibodas berupaya untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan.

banner 970x90

BBGRM diselenggarakan di Kampung Limbangan RT 14 RW 03 Desa Cibodas, Minggu (26/7/2020). Di tempat kegiatan tampak hadir Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman bersama perangkat desa, unsur lembaga desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para kepala dusun, ketua RW, ketua RT, serta warga Kampung Limbangan dan sekitarnya.

Kegiatan difokuskan pada aksi bersih-bersih lingkungan seperti mencabuti rumput dan membersihkan sampah di pinggir dan permukiman warga. Kades Ujang beserta perangkat desa ikut serta berpanas-panasan pada kegiatan tersebut. Dia tidak canggung membersihkan jalan dari rumput dan sampah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan menuju penguatan integrasi sosial di tengah masyarakat. Semangat seperti ini dibutuhkan dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan,” kata Ujang ketika ditemui di tengah kegiatan BBGRM. 

Semangat gotong royong dapat menumbuhkan kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

Gotong royong, ujar dia, merupakan budaya asli bangsa Indonesia. Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan di berbagai bidang, kata Ujang, masyarakat dan pemerintah harus melestarikan budaya tersebut serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Melalui gotong royong, lanjutnya, masyarakat dan pemerintah dapat meningkatkan kemitraan dalam melaksanakan pembangunan dan meningkatkan rasa memiliki serta rasa tanggung jawab dalam memelihara hasil-hasil pembangunan. Hendaknya, ujar Ujang, gotong royong dapat direalisasikan secara nyata, bukan hanya sebagai slogan sebatas kata-kata.

“Gotong royong itu harus kita aktualisasikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan. Semangat gotong royong harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai tindakan nyata,” tutur Kades Cibodas. (*)

Print Friendly, PDF & Email