Dana PISEW Kecamatan Surade Disalurkan untuk Mengaspal Jalan

oleh -
Pengaspalan jalan di Kampung Sindangrasa, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade yang dibiayai dana PISEW tahun anggaran 2020.

Wartawan Dicky Sopyan

Dana PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial  Ekonomi Wilayah) yang dikelola oleh Kantor Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2020 digunakan untuk program peningkatan jalan di dua desa. Berkat adanya dana tersebut, tiga ruas jalan di dua desa berubah menjadi jalur yang mulus berlapis mulus.

banner 970x90

“Penggunaan dana PISEW tahun 2020 difokuskan untuk pengaspalan jalan lingkungan. Lokasinya di dua desa,” kata Kades Pasiripis H. Dapang Sadili mewakili  Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Surade, Ujan Jibarullah, Senin (27/07/2020).

Saat ini proyek PISEW tersebut masih dikerjakan, ujar Dapang, yaitu di Desa Pairipis dan Desa Buniwangi. Setelah pekerjaan selesai, kata dia, warga tidak akan terganggu oleh debu di musim kemaru dan lumpur pada musim hujan.

“Alhamdulillah pembangunannya sedang dalam pengerjaan. Mudah-mudahan jalan yang ditingkatkan statusnya ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Kami harapkan dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat,” ujar Dapang.

Rincian dari proyek jalan yang dibiayai PISEW tahun 2020 itu terdiri dari tiga pekerjaan; dua di Desa Pasiripis dan satu di Desa Buniwangi. Pekerjaan pertama di Pasiripis yaitu pengaspalan antara Kampung Mekarasih-Surangga dengan panjang jalan 600 meter dan lebar 2,5 meter.

Kedua pengaspalan jalan antara Kampung Cidadap-Pamoyanan di Desa Pasiripis dengan panjang 450 meter dengan lebar 2,5 meter. Untuk pekerjaan di Desa Buniwangi berupa pengaspalan di Kampung Sindangrasa  dengan panjang  1 kilometer dan lebar 2,5 meter. Total dana yang disalurkan sebesar Rp600 juta.

Ruas-ruas jalan tersebut, jelas Dapang, merupakan  jalan lingkungan yang merupakan jalur penghubung antar kampung. Ketiga jalan tersebut juga terakses ke area pertanian milik warga.

“Selain itu, jalan-jalan yang diaspal itu merupakan akses utama yang digunakan oleh warga untuk berangkat ke tempat kerja atau sekolah,” jelas Dapang. (*)

Print Friendly, PDF & Email