Wali Kota Optimis Perpustakaan SMAN 3 Jadi Juara Nasional

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menyampaikan penjelasan kepada tim verifikasi penilaian lomba perpustakaan tingkat nasional tentang program pembangunan perpustakaan di Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi optimis perpustakaan sekolah di SMAN 3 Sukabumi dapat meraih prestasi pada lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional. Keyakinan wali kota itu berangkat dari fakta bahwa perpustakaan di sekolah tersebut memiliki koleksi buku yang lengkap dan berbagai inovasi untuk menarik minat siswa meningkatkan budaya literasi.

banner 970x90

“Perpustakaan di SMA 3 Sukabumi menjadi perpustakaan unggulan di lingkungan sekolah yang ada di Kota Sukabumi. Karena itu kami yakin perpustakaan ini dapat menjadi juara lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional,” kata wali kota ketika menerima tim verifikasi lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional di Ruang Utama Balai Kota Sukabumi, Jumat (26/7/2019).

Saat ini Perpustakaan SMAN 3 Sukabumi maju ke lomba tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Barat. Tim verifikasi dari pusat, ujar Fahmi, diharapkan dapat memberikan pembinaan kepada perpustakaan di SMAN 3 dan perpustakaan lainnya yang ada di Kota Sukabumi.

Di antara banyak inovasi yang yang digulirkan Perpustakaan SMAN 3 Sukabumi, Komunitas Sepeda Perpustakaan (Sikasep) dan Gerakan Literasi (Sigelis) merupakan program unggulan. Sikasep dan Sigelis dirancang sebagai invonasi untuk mewujudkan perpustakaan yang ramah siswa.

“Syukur alhamdulillah, Kota Sukabumi mendapatkan kepercayaan untuk dilakukan verifikasi lomba perpustakaan tingkat nasional,” ungkap Fahmi. 

Ketua tim verifikasi penilaian lomba perpustakaan Sri Sularsih mengatakan, dia dan jajarannya menyampaikan selamat kepada SMAN 3 Sukabumi yang sudah mewakili Jawa Barat di tingkat nasional. Kedatangan tim ke Sukabumi untuk melakukan verifikasi dan melengkapi data yang sudah diterima.

“Perpustakaan SMA Negeri 3 Sukabumi diharapkan bisa melahirkan sumber daya manusia yang unggul melalui budaya literasi. Karena  dengan membaca buku, seseorang termasuk para pelajar dapat  meningkatkan wawasan dan pengetahuan sehingga mampu mengimbangi perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat,” ujar Sri.

Kedatangan tim verifikasi penilaian lomba perpustakaan itu  juga diterima oleh Bunda Literasi Kota Sukabumi, Fitri Hayati Fahmi dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu. (*)

Print Friendly, PDF & Email