Wakili Tokoh Agama, Mantan Kades Tanjungsari Serahkan Mempelai Laki-laki

oleh -
Umam Mubarok dan Neng Ai Maskanah memperlihatkan surat nikah sebagai bukti mereka telah sah sebagai pasangan suami istri.

Wartawan Dicky Sopyan (SURADE)

Kerja sama dan jalinan silaturahmi di antara tokoh masyarakat dan tokoh agama di Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi patut ditiru oleh desa-desa lainnya. Di desa ini, seorang tokoh agama mempercayakan serah terima mempelai laki-laki kepada keluarga mempelai perempuan kepada mantan kepala desa setempat.

Tokoh agama dimaksud tiada lain Ustadz Madsoleh yang mempunyai hajat menikahkan putra kesayangannya Umam Mubarok kepada Neng Ai Maskanah, putra pasangan Maman dan Jejeh (almarhum). Madsoleh dan istrinya Iis menyerahkan urusan serah terima putranya kepada E. Basori yang pernah menjabat Kepala Desa Tanjungsari.

Acara pernikahan dilangsungkan di rumah keluarga mempelai perempuan di Kampung Lingkungsari RT 02 RW 03 Desa Tanjungsari, Kamis (27/6/2019) siang.

Basori menjalankan tugas sebagai kepala desa pada periode sebelumnya. Dia menjabat Kades Tanjungsari selama dua periode. Rencananya, pada Pilkades Serentak tahun 2019, dia akan maju lagi untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa.

“Saya sudah lama kenal dengan Pak Ustadz Madsoleh bersama keluarganya. Wajar jika saya dipercaya untuk menyerahkan mempelai laki-laki,” kata Basori di tempat acara pernikahan.

Penyerahan mempelai laki-laki diterima oleh Ustadz Dayani yang mewakili keluarga mempelai perempuan. Akad nikah dipandu oleh Muhtar, petugas pencatat nikah dari KUA Curugkembar. Dalam pernikahan itu, Umam Mubarok menyerahkan mas kawin berupa seperangkat alat shalat ditambah emas seberat 5 kilogram kepada Neng Ai Maskanah yang dibayar cash.

Setelah akad, sohibul hajat menggelar prosesi saweran dengan juru kawih Titin dari Bojongkaso, Cianjur. Di antara hadirin yang jumlahnya sekitar 500 orang tampak hadir Sekdes Tanjungsari, Yamin. (*)

Print Friendly, PDF & Email