Wabup: Pembangunan di Kebonpedes Pesat karena Silaturahmi

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono (ketiga dari kanan) menyerahkan penghargaan kepada kepala desa di Kecamatan Kebonpedes yang telah lunas PBB pada acara halal bi halal bersama umaro dan ulama. Tampak berdiri paling kanan, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, HU. Ruyani.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono mengatakan, pembangunan di wilayah Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi sangat pesat karena didorong oleh kuatnya silaturahmi di antara warga, ulama, dan umaro. Menurut wabup,  silaturahmi yang terjalin tersebut dapat mewujudkan kesatuan, persatuan, dan rasa kebersamaan dalam membangun wilayah.

banner 720x90

Pernyataan Wabup Adjo itu disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Ulama dan Umaro dengan tema membangun Kebonpedes Dipapantes Jadi Reueus bertempat di aula Kantor Kecamatan Kebonpedes, Rabu (26/6/2019) lalu. Pada acara itu tampak hadir unsur pemerintahan, ulama, dan masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Kebonpedes.

“Dari silaturahmi itu lahir kebersamaan dan keinginan untuk membangun wilayah. Didorong oleh rasa persatuan dan kesatuan, masyarakat ikut berpartisipasi dalam program-program pembangunan,” ujar wabup.

Salah satu bukti kuatnya keinginan masyarakat Kebonpedes untuk berperan serta dalam pembangunan adalah perolehan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang menempati peringkat ke-6 untuk tingkat kelunasan di Kabupaten Sukabumi. Kesadaran masyarakat Kebonpedes dalam membayar PBB menunjukkan kesadaran yang cukup tinggi dalam kegiatan pembangunan.

“Peringkat Kebonpedes dalam pembayaran PBB meningkat terus dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi berkat kerja sama dan partisipasi masyarakat Kebonpedes yang cukup tinggi dalam pembangunan, termasuk pemahaman mereka terhadap PBB,” kata wabup.

Di Kecamatan Kebonpedes, lanjut Adjo, dari waktu ke waktu lahir inovasi dan kreasi dalam pembangunan dari masyarakat dan pemerintah setempat. Masyarakat dapat merasakan manfaat dan hasil dari kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan dukungan dari masyarakat.

banner 720x90

Di tempat yang sama, Camat Kebonpedes, H. Ali Iskandar menjelaskan, tujuan dari acara halal bi halal yang digelarnya adalah untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara warga, pemerintahan, dan kalangan ulama.

Halal bi halal di Kebonpedes itu dirangkaikan dengan berbagai mata kegiatan seperti lomba kreativitas kuliner, ekspos pengelolaan zakat, pencanangan pembangunan dan penggalangan dana gedung dan sarana keagamaan, dan revitalisasi lapangan kecamatan serta pemberian penghargaan kepada kepala desa dan kepala dusun yang telah lunas PBB.

Acara juga diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua BAZ Kabupaten Sukabumi, HU. Ruyani. Di tempat kegiatan tampak hadir para pejabat dan pengurus dari berbagai organisasi pemerintahan, IPHI, DMI, para kades, dan PGRI. (*)

Print Friendly, PDF & Email