Rest Area Puncak Rasa Sangrawayang Dioperasikan Bulan Depan

oleh -
Bangunan rest area di Puncak Rasa Sangrawayang yang terbuat dari bambu dan atap dari ilalang menampilkan performa tradisional Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Rest area yang terletak di kawasan objek wisata Puncak Rasa di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi akan diresmikan bulan depan. Sarana pariwisata ini diplot sebagai tempat beristirahat bagi pengunjung dengan performa dan suasana tradisional.

banner 970x90

“Saat ini tingkat penyelesaian pembangunan rest area Puncak Rasa sudah mencapai 80 persen, sisanya yang tinggal 20 persen  berupa pengerjaan dan penataan area parkir serta pembuatan anak tangga,” kata pelaksana pembangunan rest area Puncak Rasa dari Kelompok Masyarakat (Pokmas) Barokah Simpenan Dede Kurniawan yang sering disapa Acoy Loji kepada wartawan, Rabu (26/6/2019).

Pelaksana, ujar Acoy, telah menyelesaikan bangunan utama dan sejumlah sarana penunjang seperti mushola, kantor, taman, dan gasibu. Bangunan utama rest area digunakan untuk tempat istirahat dan warung dengan konstruksi bangunan dari bambu dan atap dari ilalang. Suasana dan model bangunannya benar-benar tradisional.

“Konsep rest area ini bersuasana tradisional untuk melestarikan budaya lokal. Warung di rest area akan menyajikan makanan dan minuman yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Nantinya para pegawai akan mengenakan pakaian tradisional yakni baju pangsi untuk pria dan busana kebaya untuk perempuan,” jelas Acoy.

Pembangunan rest area, tambah dia, didanai oleh  APBD Kabupaten Sukabumi yang disalurkan melalui program P3K (Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan) untuk mendukung pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.   

Saat berada di rest area,  pengunjung dapat menikmati dengan leluasa keindahan Teluk Palabuhanratu karena bangunan ini didirikan pada ketinggian 50 meter dari permukaan laut. Pada malam hari, pengunjung rest area dapat melihat bebatuan yang memancarkan sinar alami di sekitar perbukitan Sangrawayang. 

“Insya Allah, bulan depan, rest area akan diresmikan oleh Bupati Sukabumi, Pak Haji Marwan Hamami,” ujar Acoy. (*)

Print Friendly, PDF & Email