Jelang Kemarau, Persediaan Beras Aman untuk Tiga Bulan

oleh -
Kepala Gudang Bulog Pasirhalang Subdivre Cianjur, Aep Saepullah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Menjelang tibanya musim kemarau, stok beras untuk wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi dalam keadaan aman dan terjamin selama tiga bulan ke depan. Di Gudang Subdivre Cianjur yang terletak di Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Bulog memiliki persediaan beras sebanyak 3.500 ton.  

banner 970x90

“Stok beras di gudang kami dapat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi selama tiga bulan ke depan,” kata  Kepala Gudang Bulog Pasirhalang Subdivre Cianjur, Aep Saepullah kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Mengansitipasi kekeringan pada musim kemarau tahun 2019, ujar Aep, pihaknya akan meyimpan beras untuk stok selama beberapa bulan ke depan. Bulog juga, kata Aep, akan mengambil langkah-langkah pengamanan stok beras cadangan untuk menghadapi kemungkinan terjadi bencana.

Selain menjamin persediaan beras hingga ke level aman dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, Bulog juga berjuang sekuat tenaga untuk menjaga stabilitas harga beras. Saat ini, harga beras kualitas premium dilepas oleh pedagang eceran dengan harga Rp10 ribu perkilogram.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi mengatakan, selama awal musim kemarau 2019 ini, DKP3 baru menerima laporan kekeringan yang menimpa pesawahan di Kecamatan Lembursitu dengan luas 0,25 hektare. Lahan tersebut di bawah pengelolahan  Poktan Tani Mukti di Keluarahan Lembursitu.

“Kekeringan di lahan milik Poktan Tani Mukti disebabkan oleh berkurangnya volume air di saluran irigasi di daerah tersebut. Para petani  terpaksa melakukan pergiliran air,” kata Kardina.  

Kota Sukabumi memiliki lahan pertanian dengan luas 1.484 hektare dengan 321 hektare di antaranya merupakan lahan pangan pertanian berkelanjutan (LP2B). Sebagian dari lahan tersebut merupakan milik Pemkot Sukabumi yang diolah untuk mendukung program LP2B. (*)

Print Friendly, PDF & Email