Petugas Pergoki Wisatawan Pantai yang Datang Malam Hari

oleh -
Jajaran Muspika Palabuhanratu yang dipimpin Camat Ahmad Samsul Bahri (kedua dari kanan) saat menggelar pembubaran warga yang berkumpul di tempat wisata.

Wartawan M. Ridwan

Petugas pengamanan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi memergoki sejumlah wisatawan yang datang pada malam hari untuk mengecoh dan menghindari pemeriksaan di check point operasi pencegahan penyebaran Covid-19. Setelah diam-diam datang ketika langit gelap, para wisatawan ini dapat duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati keindahan pantai.

banner 970x90

Normalnya, mareka tidak boleh berkumpul atau berkerumun di tepi pantai. Pemkab Sukabumi telah menetapkan kebijakan menutup semua objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Kebijakan ini sebagai bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona di antara pengunjung dan para petugas di tempat wisata.

“Para pengunjung yang lolos ke pantai itu datang pada malam hari agar dapat berkumpul di tepi pantai,” ujar sebuah sumber di lingkungan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Palabuhanratu, Selasa (26/5/2020) sore.

Ada juga kelompok pengunjung yang tidak lolos dari check point PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mencari jalan tikus yang dapat tembus ke pantai. Mereka mencari-cari objek wisata yang relatif longgar pengawasannya oleh petugas.

“Berbagai cara ditempuh pengunjung agar dapat menikmati liburan Idul Fitri di tepi pantai. Hal ini membuktikan tingginya daya tarik dan pesona Teluk Palabuhanratu sebagai objek wisata,” tutur sumber tersebut.

Pada akhirnya, semua pengunjung pantai itu akan digiring agar keluar dari tempat-tempat wisata. Sejak Hari H Idul Fitri, Tim Gugus Tugas Covid-19 menggelar operasi penyekatan dan pembubaran warga yang berkumpul di sekitar objek wisata. Tim ini dipimpin oleh Camat Palabuhanratu, Ahmad Samsul Bahri.  

Sepanjang hari tim gabungan menyisir berbagai objek wisata di wilayah Kecamatan Palabuhanratu untuk membubarkan para pengunjung pantai. Tanpa kompromi, para petugas menyuruh pengunjung untuk meninggalkan kawasan perairan.

“Kami juga menyampaikan sosialisasi mengenai Covid-19 dengan pendekatan persuasif kepada pengunjung pantai dan masyarakat sekitar,” ujar Camat Samsul di tengah operasi pengamanan Selasa siang.  

Larangan terhadap wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata, ujar camat, ditegakkan dalam rangka pengamanan wilayah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, terlebih Palabuhanratu termasuk satu dari 14 kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang ditetapkan sebagai wilayah PSBB.

Dalam menjalankan tugasnya, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Palabuhanratu mendapat dukungan personel dari berbagai instansi seperti TNI, Polri, BPBD, Dinas Damkar, Dinas Kesehatan, dan Gerakan Pramuka. 

Tempat-tempat yang dijadikan target operasi membentang sepanjang 7 kilomter mulai Pantai Batu Bintang di Cipatuguran sampai dengan Pantai Citepus. (*)

Print Friendly, PDF & Email