Bupati: Pemberdayaan Pemuda Percepat Pembangunan Daerah

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan pengarahan kepada para peserta pelatihan pemuda peduli kerawanan sosial yang diselenggarakan oleh Kemepora dan Lensa Bhineka Nusantara.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan, pemuda merupakan kekuatan yang potensial dalam mewujudkan kemajuan di masyarakat. Karena itu,  pemberdayaan pemuda akan mempercepat pembangunan di daerah.

banner 720x90

Pernyataan bupati itu disampaikan saat meresmikan Pelatihan Pemuda Peduli Kerawanan Sosial Tingkat Nasional Tahun 2019 bertempat di Hotel Augusta,  Cikukulu, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Senin (27/5/2019).

Pelatihan pemuda peduli kerawanan sosial, kata bupati, dapat meningkatkan keterampilan para pemuda. Dengan meningkatnya keterampilan para pemuda, ujar Marwan, kesempatan untuk maju bagi mereka makin terbuka.

“Dampaknya terjadi percepatan dalam pembangunan di daerah. Pelatihan pemuda peduli kerawanan sosial akan membentuk pemuda yang terampil, bertanggung jawab,  dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi,” ujar bupati.

Pelatihan pemuda peduli kerawanan sosial merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia dan Yayasan Lensa (Lembaga Penelitian Sosial dan Agama) Bhineka Nusantara yang berkantor pusat di   Sukabumi.

“Generasi muda harus mempunyai komitmen dan keyakinan yang jelas. Kami akan mendorong kreativitas mereka. Tantangan hari ini, mereka harus mempunyai gagasan kreatif yang diwujudkan dalam karya nyata,” tutur Marwan.

banner 720x90

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Membangun Ketahanan Masyarakat Muda Indonesia dalam Menghadapi Kerawanan Sosial’. Pelatihan diselenggarakan selama dua hari sampai dengan Selasa (28/5/2019). Jumlah pesertanya 100 orang yang berasal dari berbagai elemen pemuda.

Direktur Lensa Bhineka Nusantara, Daden Sukendar menerangkan tujuan dari pelatihan yang diselenggarakannya antara lain untuk membangun militansi kader pemuda berintegritas keilmuan, bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan sosial, dan memiliki keyakinan keagamaan berlandaskan Islam Ahlussunah Waljamaah.

Pada acara itu, Daden menyerahkan cendera mata kepada Bupati Sukabumi. Pembukaan pelatihan dihadiri sejumlah pejabat teras Kabupaten Sukabumi antara lain Kepala Dinas Sosial, Teja Sumirat;  Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Iwan Kusdian; Kepala Badan Kesbangpol, Dody Rukman Medianto, dan Kabag Sosial dan Keagamaan Setda Kabupaten Sukabumi, Unang Sudarma. (*)

Print Friendly, PDF & Email