TP PKK Kabupaten Gelar Monev di Sagaranten

oleh -
Kegiatan monev 10 Program Pokok PKK oleh TP PKK Kabupaten Sukabumi di Aula Balai Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten.

Wartawan HAMJAH JAMPANG

Tim Penggerak (TP)  Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) 10 Program Pokok PKK di Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten. Dalam kegiatan ini, tim monev memverifikasi pelaksaan 10 Program PKK termasuk di dalamnya urusan pendidikan dan inovasi keluarga.

banner 720x90

“PKK sangat membantu tugas maupun kinerja pemerintah daerah khususnya dalam program yang berkaitan dengan perekonomian masyarakat dan kaum perempuan. Di sisi lain keberhasilan kaum perempuan tidak terlepas dari dukungan maupun solusi dari pemda sehingga kelemahan pendidikan dan SDM anggota PKK dapat meningkat dan berkembang,” kata Ketua Tim Monev, Hj. Aan Aulia Jajam di tempat kegiatan, Selasa (26/3/2019).

Kegiatan monev diikuti 73 orang yang berasal dari TP PKK tingkat kecamatan dan desa. Selain Aan, di aula Desa Margaluyu tampak hadir  Camat Sagaranten, H. Deny Ramedhan dan istrinya yang menjabat Ketua TP PKK Kecamatan Sagaranten; staf Kantor Kecamatan Sagaranten; para kepala desa dan aparatur desa se-Kecamatan Sagaranten; serta para ketua TP PKK tingkat desa dan para kader PKK se-Kecamatan Sagaranten.

Pada kegiatan Monev 10 Program Pokok PKK itu materi yang dibahas meliputi Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesahatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

“PKK merupakan gerakan pembangunan nasional yang tumbuh dari bawah dengan prinsip pengelolaan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Karena itu PKK mejadi aset yang penting dalam meningkatkan kualitas  dan memperluas jangkauan program pembangunan masyarakat di setiap lini,” ujar Aan.

Terkait dengan fungsinya itu, lanjut dia, untuk mewujudkan tujuan PKK  diperlukan pemantapan kemampuan pengelolaan gerakan PKK  dengan memanfaatkan semua sumber daya agar program kerja PKK lebih berdayaguna. 

banner 720x90

Sementara itu Camat Sagaranten dalam sambutannya mengatakan,  PKK dapat mengambil peran penting dalam kegiatan pembangunan dengan 10 rogram pokoknya. Program-program tersebut merepresentasikan seluruh kebutuhan dasar keluarga, baik fisik maupun nonfisik.

“Dengan demikian PKK mampu menjadi garda terdepan dalam  pembangunan keluarga yang berkualitas dengan menyertakan kekompakan dalam bergotong royong,” kata Camat Deny. (*)

Print Friendly, PDF & Email