Pohon Kering di Ciketa Rawan Roboh dan Mengancam Pengguna Jalan

oleh -
Salah satu pohon dalam posisi miring di Kampung Ciketa sewaktu-waktu bisa rubuh dan batangnya menimpa jalan.

Wartawan HAMJAH JAMPANG

Puluhan pohon kering yang tumbuh di sisi Jalan Baros-Cibuni tepatnya di Kampung Ciketa, Desa Gunungbentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi mengancam pengguna kendaraan yang melintas di tempat itu. Pohon-pohon tersebut dibiarkan meranggas oleh pemiliknya, sewaktu-waktu bisa patah dan batangnya jatuh ke jalan.

banner 970x90

“Setiap kali lewat tempat yang banyak pohonnya itu, saya selalu khawatir tertimpa pohon. Karena batang pohonnya telah kering dan rawan roboh. Apalagi kalau turun hujan, saya tidak berani lewat tempat tersebut,” kata Agus, warga Sagaranten yang hampir tiap hari melewati Kampung Ciketa kepada wartawan, Rabu (27/3/2019).

Posisi pohon yang kering itu berada di tebing jalan. Letaknya di atas badan jalan sehingga kalau pohon tersebut rubuh dapat menimbulkan efek kerusakan pada badan jalan atau kendaraan yang lewat.

Berdasarkan pengamatan di lokasi, salah satu dari puluhan pohon tersebut keadaannya  telah tumbang dan batangnya dalam posisi miring di atas jalan. Pohon itu tidak tumbang ke jalan karena bagian ujungnya menyangga pada pohon besar di seberang jalan.

Melihat posisi dan kondisinya, pohon yang telah rubuh berjenis ambasiha itu sewaktu-waktu bisa patah atau rubuh ke jalan. Apalagi pohon di seberangnya tampak tidak terlalu kokoh untuk menahan ujung pohon yang roboh dalam jangka waktu lama.

Pemilik pohon, Dadi, warga Desa Gunungbentang menyatakan, dirinya tidak berani menebang pohon-pohon yang telah kering itu karena di dekatnya terdapat jaringan kabel telepon. Dia mengharapkan PT. Telkom atau instansi terkait dapat memberi bantuan personel dan alat berat untuk menebang atau memangkas pohon-pohon tersebut demi keselamatan bersama.

“Kalau pohon-pohon itu saya tebang sendiri takut menimpa kabel telepon. Saya  takut kena denda. Dari mana uang untuk membayar desa?” kata Dadi. (*)

Print Friendly, PDF & Email