Berdampak Positif pada Ekonomi, Pengembangan Sektor Pariwisata Terus Digeber

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri (kanan) menerima buku potensi kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi dari panitia rakor pengembangan destinasi wisata.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Pemkab Sukabumi terus menggeber pengembangan sektor kepariwisataan karena terbukti dapat memberikan dampak positif pada roda perekonomian masyarakat. Dalam hal ini langkah yang dilakukan pemda antara lain menggali dan mendayagunakan potensi pariwisata yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pengembangan Destinasi Wisata di Gedung Puskopdit BK3D (Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah) Cibadak, Selasa (26/3/2019).

“Selama ini terbukti pembangunan dan pengembangan pariwisata mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena itu pemda terus menggali dan mendayagunakan potensi pariwisata,” kata Iyos.

Pengembangan destinasi wisata, lanjut sekda, diamanatkan di dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Amanat tersebut relevan dengan program prioritas Bupati Sukabumi yakni pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwisata Sukabumi menjadi destinasi wisata kelas dunia. 

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi sedang berupaya untuk terus menggali potensi dan daya tarik wisata untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sekda.

Di akhir sambutannya tak lupa sekda menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya rakor tersebut. Dia meminta semua perangkat daerah untuk mensinergikan program dalam membangun sektor kepariwisataan.

Rakor mengusung tema “Melalui Pengembangan Pariwisata Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna Mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang Lebih Baik”. Jumlah peserta rakor sekitar 100 orang yang berasal dari SKPD terkait dan para camat di wilayah Sukabumi bagian utara.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan; Kepala Dinas Pariwisata, Usman Jaelani; para camat; dan stakeholder kepariwisataan. (*)

Print Friendly, PDF & Email