Kades Palasarigirang Apresiasi Festival Durian I Kecamatan Kalapanunggal

oleh -
Festival Durian I Kecamatan Kalapanunggal selalu dipadati pengunjung yang datang dari berbagai desa di Kecamatan Kalapanunggal dan kecamatan-kecamatan lainnya.

Wartawan Joko Samudro

Kepala Desa Palasarigirang, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Ujang Makmun mengapresiasi penyelenggaraan Festival Durian I Kecamatan Kalapanunggal. Ujang kagum dan salut pada festival tersebut karena dalam waktu singkat dapat menjadi buah bibir dan menyedot perhatian masyarakat luas. Setiap hari, masyarakat dari berbagai desa berbondong-bondong ke festival durian itu.

banner 720x90

“Kami mengapresiasi festival durian ini. Pemerintah dan masyarakat harus memberikan dukungan dan dorongan pada kegiatan tersebut. Apalagi penyelenggaraannya dipelopori para kalangan pemuda dari Karang Taruna Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal,” kata Kades Ujang kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Festival Durian I Kecamatan Kalapanunggal dilaksanakan di kawasan Agromina Wisata Jayawangi Farm Desa Gunungendut, Kecamatan Kalapanunggal selama satu minggu dari 23 Februari sampai dengan Sabtu, 29 Februari 2020. Ujang juga merasa bangga atas suksesnya penyelenggaraan festival itu karena dapat mengangkat nama Kecamatan Kalapanunggal.

“Saya tidak pernah ketinggalan, selalu hadir di lokasi festival setiap hari karena ada stand yang mewakili desa kami. Mudah-mudahan tahun depan event ini dapat diselenggarakan dengan lebih meriah dan lebih sukses,” ujar dia.

Aneka jenis kuliner berbahan dasar durian dipamerkan di stand-stand perwakilan desa dan pelaku UMKM.

Sebagai kepala desa, lanjut Ujang, dirinya akan ikut mendorong dan memberikan kontribusi pada pelaksanaan Festival Durian Kecamatan Kalapanunggal agar dapat menjadi agenda tahunan di Kabupaten Sukabumi. Dari tahun ke tahun, festival ini harus lebih gebyar untuk menarik wisatawan dari luar daerah, bahkan luar provinsi dan mancanegara.

“Masyarakat di Kecamatan Kalapanunggal harus mampu menampilkan produk dan komoditas lokal untuk memperkaya khazanah kuliner Kabupaten Sukabumi. Salah satunya buah durian dan hasil olahannya. Kami mengharapkan durian dan hasil olahannya dapat menjadi ikon Kecamatan Kalapanunggal,” kata kades.

Karena itu, Ujang meminta Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bisa lebih agresif lagi dalam mengembangkan komoditas lokal. Dia yakin dan optimis, durian lokal asal Kecamatan Kalapanunggal dapat dikembangkan aneka jenis kulinernya dan jangkauan pemasarannya.

“Hendaknya kegiatam festval ini jangan sekedar seremonial saja. Pemerintah daerah harus lebih serius ikut terlibat di dalamnya untuk mengembangkan buah-buahan produk lokal. Kami Desa Palasarigirang akan mendukung penuh kegiatan ini,” tandas Ujang. 

Para peserta Festival Durian I Kecamatan Kalapanunggal berasal dari perwakilan 7 desa di wilayah Kecamatan Kalapanunggal dan pelaku UMKM, pengrajin, dan pedagang. Di arena festival terdapat  sekitar 40 stand yang menyajikan aneka jenis durian dan kuliner berbahan dasar durian.

Pada festival itu, panitia menyelenggarakan kontes buah durian, lomba olahan durian, pelatihan durian teroid, lomba makan durian, dan berbagai kegiatan lainnnya. (*)  

Print Friendly, PDF & Email