Figur Kades Haer yang Merakyat dan Sukses Membangun Desa

oleh -
Pembagian sertifikat dari program PTSL kepada warga dari Kepala Desa Digital Haer Suhermansyah (paling kiri).

Opini Nanang Setiana

Kesuksesannya mengelola informasi dan pelayanan berbasis Andriod membuat Desa Cijengkol diberi julukan Desa Digital. Desa yang terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi ini memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cibers (Cijengkol Bersatu). Kiprah KIM Cibers telah membuat masyarakat lebih mudah mengakses informasi dan sumber pelayanan.

Di bawah kepemimpinan Haer Suhermansyah sebagai Kepala Desa Cijengkol, KIM Cibers makin berkembang dan penggunaan sistem digital kian meluas. Figur Haer bisa membuat masyarakat lebih bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan inovasinya. Banyak kalangan menilai, dia sukses memimpin dan membangun desanya.

Kebanyakan masyarakat berpendapat, Haer merupakan manajer yang sukses dalam mengembangkan sistem administrasi pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik. Masyarakat juga menilai, dia tanggap serta baik dalam bersikap pada siapa pun. Sebagai pemimpin, Haer mendapat pengakuan yang luas dari masyarakat. Dia sukses memimpin Desa Digital Cijengkol.

Kepala Desa Cijengkol, Haer Hermansyah, dekat dengan warga.   

Kades Haer bisa membuat tatanan sosial ekonomi masyarakat dalam keadaan lebih baik dibanding sebelumnya. Dibantu oleh perangkat desa yang fokus pada pekerjaannya masing-masing, Haer berhasil membenahi desanya secara gradual dan sistematis. Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) benar-benar dimanfaatkan untuk mewujudkan kemajuan dan mensejahterakan masyarakat.

Di samping itu, Haer dikenal sebagai pribadi yang mampu mengayomi seluruh lapisan masyarakat dan aparat bawahannya. Di banyak desa, sering terjadi, perangkat desa tidak sejalan dengan kadesnya. Di Cijengkol, hal itu tidak pernah terjadi.

Hal lain yang membuat Haer dikenal dan dikenang warga adalah kebiasaannya yang  selalu hadir pada acara-acara di masyarakat. Dia dekat sekali dengan warga, kedekatannya hampir tidak berjarak. Karena itu jika terjadi perselisihan atau salah komunikasi di antara warga, Haer selalu bisa menyelesaikannya lewat musyawarah secara persuasif untuk mencapai kata mufakat. 

Segala hajat desa yang dikerjakan bisa selesai tepat waktu dan tepat sasaran, tidak pernah mendapatkan rintangan yang berarti. Sampai sekarang belum pernah ada gejolak yang mengganggu sendi-sendi keamanan dan kenyamanan masyarakat. Desa Digital Cijengkol selalu tenang dan aman.

Penggunaan DD dari pusat dan ADD dari pemda dialokasikan sesuai dengan kesepakatan dan kebutuhan masyarakat. Karena mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani dan pedagang, Kades Haer memberikan prioritas pada pembangunan infrastruktur dalam penggunaan dari pemerintah. Warga membutuhkan irigasi, jalan, dan jembatan untuk mendukung usaha pertanian dan perdagangan mereka.

Pada berbagai kesempatan, Kades Haer menyatakan, “Dalam penggunaan Dana Desa, kami beserta perangkat desa selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan peraturan yang berlaku. Kami akan memberikan prioritas pada program-program yang medesak dan berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat.”

Sebagian besar warga berpendapat bahwa pengelolahan DD oleh Pemdes Digital Cijengkol sangat baik. Buktinya sebagian besar infrastruktur seperti jalan dalam kondisi bagus. Masyarakat Cijengkol sangat bersyukur dan merasa bangga serta bahagia memiliki kepala desa seperti Haer. (*)

Print Friendly, PDF & Email