Staf Ahli Bupati: BID Harus Hasilkan Desa yang Inovatif

oleh -
Penyerahan penghargaan kepada kepada desa yang berprestasi pada ajang Bursa Inovasi Desa oleh Staf Ahli Bupati, H. Dana Budiman.

Wartawan AEP SAEPUDIN 

Staf Ahli Bupati Sukabumi, H. Dana Budiman mengatakan, ajang Bursa Inovasi Desa (BID) hendaknya dapat mendorong lahirnya desa-desa inovatif di Kabupaten Sukabumi. Dengan adanya BID, masyarakat dan pemerintah desa akan lebih terdorong untuk menghasilkan kreasi-kreasi dan berbagai inovasi untuk kemajuan desa.

banner 970x90

Pernyataan Dana itu disampaikan saat meresmikan BID Zona 5 bertempat di GOR Cisaat, Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (26/9/2019). Selain itu, ujar Dana, para peserta BID yakni camat dan kades bisa bertukar pengalaman dan pikiran serta berbagi pengetahuan tentang tata kelola pemerintahan desa.

“Pelaksanaan BID penting dan strategis untuk menunjang terwujudnya visi kepala daerah manuju Kabupaten Sukabumi lebih baik,” kata dia.

BID Zona 5 merupakan rangkaian terakhir dari seluruh BID yang telah dilaksanakan di seluruh zona di Kabupaten Sukabumi. Zona 1 sampai Zona 4 telah melaksanakan BID selama bulan September ini. Kegiatan tersebut sangat penting untuk memicu kreativitas masyarakat dan desa dan mendorong upaya meningkatkan kesejahteraan bersama.

“Kami yakin di setiap desa pasti ada orang yang mempunyai inovasi untuk memajukan masyarakat dan desa. Pada kegiatan inilah, inovasi-inovasi tersebut dihimpun dan didiskusikan,” ujar dia.

Zona 5 meliputi wilayah yang tercakup dalam 11 kecamatan  dan 104 desa. Kecamatan-kecamatan yang masuk ke dalam zona 5 terdiri dari Cisaat, Kadudampit,  Gunungguruh,  Sukabumi,  Sukaraja,  Cireunghas,  Kebonpedes,  Caringin,  Cicantayan, Sukalarang, dan Gegerbitung.

Pada kegiatan itu, camat-camat didampingi para kepala desa, BPD, dan tokoh masyarakat dari desa. Kegiatan BID itu mengambil tema “datang, komit, tiru, maju”.  Di tempat peresmian BID tampak hadir Kabid Sapras Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi, A. Syarif dan para pendamping desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email