Pedestrian Jalan Dago akan Dilengkapi Boulevard

oleh -
Sisi timur Jalan Dago Kota Sukabumi akan ditata sebagai jalur pedestrian yang dikhususkan untuk pejalan kaki dan dilengkapi boulevard yang luas, lapang, dan dipenuhi pepohonan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Penataan pedestrian di Jalan Ir. H. Juanda yang terkenal dengan sebutan Jalan Dago Kota Sukabumi akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Pada proyek tersebut, di Jalan Dago akan dibangun semacam plaza atau boulevard di sisi timur yang satu sisi dengan Gedung DPRD Kota Sukabumi. Boulevard akan membuat sisi timur menjadi lapang dan hijau dengan pepohonan.

banner 970x90

Sementara sisi barat tidak mengalami perubahan, hanya materialnya yang diganti. “Untuk material pedestrian di Jalan Dago, kami akan menggunakan batu alam andesit. Nantinya di sisi timur ada ruang yang cukup besar untuk pejalan kaki dan aktivitas masyarakat,” kata  Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Novian Restiadi saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (26/9/2019).

Selain itu, jalur pedestrian Jalan Dago akan dikondisikan agar bebas PKL.  Pekerjaan proyek penataan pedestrian Jalan Dago tersebut dibagi ke dalam dua tahap. Tahap I tahun 2019 mengerjakan penataan sisi timur dari SMP Mardi Waluya sampai depan Balai Kota Sukabumi. Sementara tahap II untuk sisi barat dikerjakan pada tahun 2020.

Lebar jalur pedestrian di sisi timur kurang lebih 9 meter. Sisi timur ini disediakan khusus untuk pejalan kaki, sedangkan sisi barat boleh dilalui kendaraan bermotor. Waktu pengerjaannya akan disesuaikan dengan kondisi Jalan Dago sebagai pusat perkantoran dan pendidikan. Bila  progres pekerjaan kurang bagus, bisa saja pekerjaan dilaksanakan selama 24 jam.

Total anggaran untuk penataan pedestrian tahap I sebesar Rp3 miliar dengan HPS-nya Rp1,7 miliar, sedangkan untuk pekerjaan sisi barat sebesar Rp800 juta. Saat ini proyek penataan sisi timur sudah memasuki masa sanggah untuk lelang. Pemenangnya sudah ada. 

“Rencananya SPPBJ atau Surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa  akan diterbitkan pada 7 Oktober. Sedangkan penandatanganan kontrak bisa dilakukan antara tanggal 8 dan 25 Oktober 2019. Target pekerjaan selesai dalam waktu 72 hari kalender,” jelas Novian.

Proyek penataan pedestrian Jalan Dago merupakan bantuan dari Pemprov Jabar melalui Dishub Kota Sukabumi. Tahun ini, Kota Sukabumi juga mendapat  bantuan keuangan dari Pemprov Jabar untuk proyek penataan pedestrian integrasi Lapang Merdeka yang menghubungkan Gedung Juang, Alun-alun, dan Lapang Merdeka serta menyatukan Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Veteran,  dan Jalan Mesjid. (*)

Novian Restiadi

Print Friendly, PDF & Email