DLH Menunggu Masukan dari Universitas Pertamina

oleh -
Adil Budiman

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menunggu masukan dari Universitas Pertamina,  Jakarta terkait pengelolaan sampah, khususnya di TPA Cikundul. Beberapa waktu yang lalu, rombongan mahasiswa dari Universitas Pertamina melakukan pengkajian pengelolaan sampah di TPA Cikundul dan beberapa tempat pengelolaan sampah.

banner 970x90

“Hasil kajian dari para mahasiswa dan dosen Universitas Pertamina mungkin saja akan disampaikan kepada kami sebagai masukan. Jadi, kami menunggu hasil pengkajian yang mereka lakukan untuk penataan TPA Cikundul. Masukan dari perguruan tinggi tersebut pasti bermanfaat bagi kami,” kata Kepala DLH Kota Sukabumi, Adil Budiman kepada wartawan, Kamis (26/9/2019).

Kedatangan tim Universitas Pertamina ke Kota Sukabumi, ujar Adil, tidak hanya sebatas melakukan pengkajian, mereka juga membuka peluang untuk kerja sama dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Dia belum mengetahui secara persis bentuk kerja sama yang dapat dijalin oleh DLH-Universitas Pertamina.

“Mereka telah melihat langsung sistem pasokan dan pengelolaan sampah di TPA Cikundul. Dari penelitian lapangan itu, mereka akan menghasilkan kajian yang dapat memberikan solusi yang baik dalam pengelolaan sampah di TPA Cikundul,” kata Adil.

Berkaitan dengan rencana pengembangan lahan di TPA Cikundul, lanjutnya, DLH masih menghitung-hitung  anggaran untuk pembebasan lahan perluasan di lingkungan TPA. Pemilik lahan tidak keberatan tanahnya dibeli oleh Pemkot Sukabumi untuk kebutuhan perluasan TPA Cikundul, namun dia menginginkan pemda membeli semua tanahnya.  

Di sisi lain, jajaran DLH mendapat kabar gembira dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang akan mengucurkan dana  untuk membangun landfill pada sisa lahan seluas 1,2 hektare. Keberadaan landfill tersebut dapat memperpanjang umur TPA Cikundul selama beberapa tahun, 3 sampai 5 tahun.

Di samping itu, DLH juga akan menjajaki kerja sama dengan Dinas Perkim Provinsi Jawa Barat untuk membangun TPA bersama kota dan kabupaten. Untuk kerja sama ini, DLH akan melakukan kajian untuk mencari lokasi yang cocok dan disetujui Kabupaten Sukabumi. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan DED (Detail Engineering Design). (*)

Print Friendly, PDF & Email