Camat Caringin Kumpulkan Panitia Pilkades dan BPD

oleh -
Camat Caringin Anwari (tengah) ketika memimpin pertemuan evaluasi tahapan pelaksanaan pilkades serentak didampingi Kasi Tapem Kecamatan Caringin (kiri) dan Aiptu Enjang Haris yang mewaliki Kapolsek Caringin di aula Kantor Kecamatan Caringin.

Wartawan Usep Mulyana

Camat Caringin, Kabupaten Sukabumi, Anwari mengumpulkan para panitia pemilihan kepala desa (pilkades), BPD, dan para calon kades dari incumbent atau petahana di Kantor Kecamatan Caringin, Kamis (26/9/2019). Pada kegiatan itu, Camat Anwari mengajak peserta rapat untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan pilkades serentak di desanya masing-masing.

banner 970x90

Tahun ini, di Kecamatan Caringin terdapat tiga desa yang menggelar pilkades serentak yaitu Caringin Wetan, Mekarjaya, Sukamulya, dan Caringin Kulon. Anwari mengharapkan semua desa yang menggelar pilkades dapat melaksanakan hajat demokrasi di tingkat desa itu dengan sukses dan lancar.

“Kami sengaja mengundang BPD, panitia, dan calon petahana untuk menyamakan persepsi pelaksanaan pilkades dan mengevaluasi tahapan-tahapan yang telah dijalankan,” ujar camat.

Panitia penyelenggara, kata dia, harus menyelenggarakan tahapan-tahapan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.  Urusan jadwal ini sudah saklek, tidak bisa ditawar-tawar atau digeser-geser. Karena jika keluar dari jadwal, hal itu secara keseluruhan akan mengganggu pelaksanaan pilkades se-Kabupaten Sukabumi.

Kepada para calon petahana, Anwari mengingatkan mereka untuk  memberikan laporan pertanggungjawaban kepada BPD selama 6 tahun menjalankan jabatannya.  Mengenai cara penyampaian pertanggungjawaban, ujar dia, teknis dan  mekanismenya diserahkan kepada kepada BPD.

Sementara itu Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kantor Kecamatan Caringin, Emi Sulaemi menyampaikan, dalam konteks pilkades, BPD jangan berpolitik praktis, misalnya terlibat jegal-menjegal calon kades. Emi juga mengingatkan, terkait pertanggungkawaban calon incumbent, BPD tidak dalam posisi menerima atau menolak.  

Sementara Perwakilan Polsek Caringin, Aiptu Enjang Haris menerangkan, setiap kandidat diharuskan menyusun daftar tim sukses yang diisi orang-orang yang kepercayaan para calon. (*)

Print Friendly, PDF & Email