Ditbinmas Polda Jabar Gelar Tatap Muka Potensi Masyarakat di Palabuhanratu

oleh -
Para peserta tatap muka potensi masyarakat bersama Ditbinmas Polda Jabar di aula Setda Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Jabar menggelar kegiatan tatap muka bersama potensi masyarakat di aula Setda Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Rabu (26/8/2020). Pertemuan tersebut mengusung tema ‘sinergitas Polri dengan masyarakat dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)’.

banner 970x90

Pada pertemuan itu tampak hadir narasumber dari Polda Jabar dan Polres Sukabumi yang terdiri dari Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jabar AKBP Lilis Mulyani,  S.H., Kasi Bin Orsosmas Ditbinmas Polda Jabar Kompol Sudarman, dan Kasat Binmas Polres Sukabumi AKP Heri Hermawan.

Dalam ceramahnya, AKBP Lilis Mulyani mengajak semua lapisan masyarakat untuk menggalakkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang salah satu bentuknya ronda malam. Dia menekankan, siskamling merupakan bagian dari upaya menjaga dan meningkatkan kamtibmas.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk menjaga toleransi antar umat beragama dalam rangka menegakkan kamtibmas,” tutur AKBP Lilis.

Hal penting lainnya yang harus dijalankan  masyarakat adalah penegakan hukum dan aturan di tengah masyarakat. Apabila terjadi tindak kejahatan, jangan main hakim sendiri terhadap pelakunya. Serahkan penyelesaian kasus kejahatan kepada kepolisian.

“Untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan di tengah masyarakat, utamakan dahulu musyawarah yang melibatkan berbagai kalangan, termasuk jajaran kepolisian,” ujarnya.

Semua unsur potensi masyarakat harus terlibat dalam menjaga dan meningkatkan kamtibmas. Pada tatap muka itu tampak hadir sebagai peserta tokoh masyarakat, alim ulama, Linmas, Pokdar Kamtibmas, dan unsur potensi masyarakat lainnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email