Hampir 3.500 Usaha Mendaftarkan untuk Mendapat Bantuan Rp2,4 Juta

oleh -
Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Sulaeman.

Hampir 3.500 atau tepatnya 3.457 yang aktif di Kota Sukabumi mendaftarkan diri untuk mendapatkan dana stimulus dari pemerintah pusat sebesar Rp2,4 juta. Dari hari ke hari sejak dibuka pendaftaran, jumlah pelaku usaha mikro yang mendaftarkan diri terus bertambah.

“Sampai hari ini sudah terdata 3.457 pelaku usaha mirko yang mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan modal dari pemerintah pusat,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Sulaeman kepada wartawan, Rabu (26/8/2020).

banner 970x90

Pendaftaran ditutup pada 31 Agustus 2020 atau awal pekan depan. Bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan bantuan tersebut, mereka dapat  mendaftarkan diri ke kelurahan setempat ataupun datang langsung ke Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi.

“Datang ke tempat pendaftaran dengan membawa persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat,” ujar Sulaeman.

Bantuan tersebut, lanjut dia, disalurkan dengan tujuan untuk membantu pelaku usaha mikro yang belum memiliki akses kredit ke perbankan guna mendapatkan modal usaha. Dalam program ini, pemerintah pusat akan menyalurkan bantuan bagi sekitar 12 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia.

Keputusan nama-nama penerima bantuan ditetapkan oleh pemerintah pusat. Aparat di daerah hanya memfasilitasi dalam pendataan dan pengiriman daftar pelaku usaha mikro yang mendaftarkan diri.  

Sulaeman mengharapkan adanya partisipasi dari seluruh masyarakat agar bantuan ini dapat tepat sasaran dan tujuannya yakni memulihkan sektor UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 dapat tercapai.

Sumber: https://portal.sukabumikota.go.id

Print Friendly, PDF & Email