Disdik Kabupaten Terbitkan Surat Persiapan Pembelajaran di Sekolah

oleh -

Wartawan Aep Saepudin

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi menyerahkan keputusan belajar di sekolah kepada para orang tua. Dalam hal ini para orang tua/wali dapat memilih untuk mengizinkan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah atau tidak mengizinkan. Sebab belajar di sekolah bukan kewajiban melainkan pilihan.

banner 970x90

Kebijakan Disdik Kabupaten Sukabumi itu tertuang dalam surat bernomor 421/7386/Sekret perihal Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah yang dibuat pada Senin (24/8/2020). Namun sampai dengan Rabu (26/8/2020), Disdik Kabupaten Sukabumi tidak menyebutkan tanggal dimulainya kegiatan pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

“Jika orang tua/wali peserta didik tidak mengizinkan/tidak menyetujui anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah maka dapat memilih untuk melanjutkan belajar dari rumah bagi anaknya,” kata surat yang ditandatangani oleh Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin, M.M.Pd. itu.

Pada surat yang ditujukan kepada pengawas sekolah dan penilik, kepala satuan pendidikan PAUD/SPS/TK/RA, SD, SMP, SKB, PKBM, dan satuan pendidikan nonformal lainnya tersebut, Solihin menjelaskan, sosialisasi ke sekolah terkait persiapan pembelajaran tatap muka di sekolah telah dilaksanakan sejak 19 Agustus 2020.

“Satuan pendidikan dapat diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka setelah memenuhi persyaratan lokasi satuan pendidikan berada di zona hijau dan zona kuning,” ujar Solihin.

Jadi untuk sekolah di zona merah tidak boleh menyelenggarakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Syarat lain yang harus dipenuhi  mendapat izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) sesuai tingkatannya. Untuk SMP, Paket B, dan Paket C, izin dimaksud berasal dari GTPP Kabupaten Sukabumi.

Sementara untuk SD, Paket A,TK, KB, TPA, dan SPS, izin tersebut berasal dari GTPP tingkat kecamatan. Selain itu satuan pendidikan telah memenuhi semua daftar periksa dan siap melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Orang tua/wali peserta didik setuju untuk pembelajaran tatap muka,” kata Kepala Disdik.

Solihin dalam suratnya mengulang izin atau persetujuan dari orang tua/wali siswa sampai dua kali yakni pada angka 2d dan angka 4.

Ketika melaksanakan pembelajaran tatap muka, satuan pendidikan wajib melaksanakan protokol kesehatan. Sebelum pelaksanaan, Disdik Kabupaten Sukabumi mewajibkan sekolah untuk mengadakan sosialisasi kepada warga sekolah. (*)  

Print Friendly, PDF & Email