Pramuka Desa Cibima Dilatih Peduli Sosial

oleh -
Pembina Gugus Depan (Gudep) 02015 dan 02016 SDN Desa Cibima, Asep Rukman Wiria (kiri, bertopi) secara simbolis menyerahkan sembako yang dikumpulkan dari anggota Gudep kepada pengurus Kwartir Ranting Kecamatan Cikole untuk disalurkan kepada warga tidak mampu.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Gugus depan (Gudep) Pramuka di SDN Dewi Sartika Bina Citra Mandiri (Desa Cibima) Kota Sukabumi digembleng dan dilatih untuk peduli pada sesama melalui kegiatan sosial. Sejak bergabung di Pramuka, anggota Gudep bernomor 02015 dan 02016 itu dibiasakan dengan kegiatan sosial untuk meningkatkan kepekaan mereka terhadap nasib kaum dhuafa yang kurang beruntung.

banner 970x90

“Kami selalu menyertakan kegiatan sosial pada setiap kegiatan kepramukaan di gugus depan kami. Ini untuk meningkatkan kepekaan anak-anak terhadap keadaan lingkungan sosial di sekitar mereka,” kata Asep Rukman Wiria, salah satu pembina Gudep 02015 dan Gudep 0216 Pangkalan SDN Desa Cibima  ketika ditemui di pangkalannya, Senin (26/8/2019).

Akhir pekan lalu, SDN Desa Cibima mengadakan Perjusami (Perkemahan Jumat Sabtu Minggu) di Bumi Perkemahan Elang Jawa, Pondok Halimun, Selabintana, Kabupaten Sukabumi. Pada perkemahan itu, anggota Pramuka diminta untuk membawa beras dan mie instant di luar untuk bekal mereka selama tinggal di perkemahan.  

“Dalam pengarahan, kami sampaikan kepada para peserta Perjusami untuk membawa beras dan mie instant yang dimasukkan ke dalam kantung plastik. Bahan makanan itu akan diberikan kepada warga yang sangat membutuhkan,” jelas Asep.

Hasil pengumpulan sembako dari anggota Pramuka itu langsung didistribusikan ke wilayah Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole. Pendistribusian sembako tersebut dilakukan oleh pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Cikole sebagai penerima amanat dari peserta Perjusami.

Penyerahan sembako dari Pembina Gudep 02015 dan Gudep 02016 kepada pengurus Kwarran Kecamatan Cikole dilakukan pada hari terakhir Perjusami secara simbolis disaksikan para anggota Pramuka. Asep mengharapkan, pemberian sembako di ujung kegiatan perkemahan itu dapat mengasah kepekaan sosial para siswa SDN Desa Cibima.

“Oleh pengurus Kwarran Kecamatan Cikole, sembako dari anak-anak itu diberikan kepada warga tidak mampu di wilayah Kelurahan Subangjaya,” ujar Asep. (*)

Print Friendly, PDF & Email