Pemdes Mekarjaya Tingkatkan Jalan Penghubung Desa

oleh -
Kepala Desa Mekarjaya, Uday Supriyadi bersama Bhbinkamtibmas Desa Mekarjaya dari Polsek Caringin, Bripka Udin saat monitoring ke lokasi proyek peningkatan jalan desa.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarjaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi membangun jalan desa yang merupakan penghubung ke dua desa lainnya di Kecamatan Caringin. Perbaikan jalan tersebut disambut dengan gembira oleh warga Desa Mekarjaya, terutama yang tinggal di RW 03 karena memberikan kemudahan dalam menempuh perjalanan antardesa.

banner 970x90

“Jalan yang diperbaiki ini memudahkan warga untuk mengakses wilayah Desa Talaga dan Desa Caringin Kulon. Sudah sangat lama masyarakat menanti perbaikan jalur jalan ini,” kata Kepala Desa Mekarjaya, Uday Supriyadi ketika dihubungi wartawan, Senin (26/8/2019).

Jalan penghunung antardesa tersebut, ujar dia, sudah lima tahun tidak disentuh program perbaikan. Alhamdulillah, kata Uday, pada tahun ini, pemdes yang dipimpinnya dapat mengalokasikan anggaran dari Dada Desa (DD) tahap II tahun 2019 untuk meningkatkan jalan tersebut dengan pengaspalan. Kegiatan peningkatan jalan tersebut dilaksanakan oleh TPK (Tim Pengelola Kegiatan) setempat.

“Proyek ini dilaksanakan dengan sistem padat karya dalam arti melibatkan sebanyak-banyaknya warga lokal. Dalam hal teknis, kami melibatkan pegawai dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi agar agar kualitas hasil pekerjaannya dapat dijamin serta kekuatan aspalnya sesuai dengan harapan masyarakat,” jelas Uday.

DD yang dialokasi untuk mengerjakan proyek peningkatan jalan desa tersebut sebesar Rp214.065.000. Panjang jalan yang diaspal mencapai  620 meter lebih dengan lebar 2,5 meter.

“Mudah-mudahan proyek ini bisa bermanfaat dan dirasakan faedahnya oleh warga desa kami. Peran dan fungsi  jalan yang diaspal ini sangatlah vital,” kata kades.  

Saban hari, lanjut Uday, ribuan warga Mekarjaya maupun desa-desa lainnya melewati jalan tersebut untuk menunaikan berbagai keperluan seperti bekerja, sekolah, ke lahan pertanian, atau berdagang. Adanya program peningkatan jalan desa, kata dia, praktis dapat mendorong mobilitas masyarakat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Kehadiran jalan desa yang ditingkatkan ini merupakan salah satu ikhtiar kami untuk mewujudkan visi Kabupaten Sukabumi lebih baik,” kata Udaya. (*)

Print Friendly, PDF & Email