Bupati Dorong ‘Run For Nation’ Jadi Event Dunia

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami didampingi Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro mengibarkan bendera start untuk memberangkatkan para peserta Lomba Lari Situ Gunung Trail Run 2019.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami akan mengambil kebijakan dan langkah untuk mendorong ajang lomba lari bertema Run For Nation menjadi event tingkat dunia. Menurut bupati, event lomba lari tersebut memiliki berbagai kelebihan yang dapat meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi yang berkorelasi positif dengan kesejahteraan masyarakat.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan pada pembukaan Lomba Lari Situ Gunung Trail Run 2019 bertema Run For Nation di Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (25/8/2019). Pada event itu, Marwan mengibarkan bedera start untuk memberangkatkan sekitar 400 peserta yang berasal dari berbagai daerah.

“Lomba lari ini bisa diikuti sambil menikmati keindahan alam di Situ Gunung yang sudah melegenda. Para peserta dan pengantarnya dapat merasakan segarnya udara pegunungan,” kata bupati.

Karena itu, untuk menjadikan event tersebut sebagai daya tarik wisatawan, Pemkab Sukabumi akan mengupayakan lomba lari di Situ Gunung sebagai lomba berlevel dunia. Langkah pertama menjadikan tingkat nasional dulu yang terdaftar sebagai event resmi di PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Setelah itu barulah lomba lari Situ Gunung dijadikan sebagai ajang perlombaan internasional yang pesertanya dari berbagai negara. Dengan proyeksi dan rencana tersebut, event bertema Run For Nation dapat mendorong peningkatan pariwisata di Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah Kecamatan Kadudampit.

“Ke depan kami proyeksikan, event ini menjadi bagian dari paket kegiatan berskala internasional yang dapat mengundang kahadiran para wisatawan, khususnya dari penggemar olahraga lari,” jelas dia.

Lomba lari tersebut digelar oleh Arkadia Digital Media dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI dan menyambut Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi yang jatuh pada 10 September yang akan datang. 

Di lokasi pemberangkatan peserta lari tampak hadir Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro; Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian; dan Camat Kadudampit, Jenal Abidin. (*)

Print Friendly, PDF & Email