Cawabup Dilantik Menjadi Ketua Baguna Kabupaten Sukabumi

oleh -
Anggota DPR RI Ribka Tjiptaning mengenakan rompi Baguna kepada Ketua Baguna Kabupaten Sukabumi, Sirojudin, S.E.

Wartawan Aep Saepudin

Bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup) Sukabumi, Sirojudin, S.E. menjalani pelantikan sebagai Ketua Baguna (Badan Penanggulangan Bencana) PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi oleh Ketua DPP Baguna Max Rouland Beseke. Bersama Sirojudin dilantik pula Ketua Baguna Kota Sukabumi, Andri Adriana.

banner 970x90

Pelantikan  dua Ketua Baguna tersebut digelar di Bravo Adventure Rafting, Jalan Cikidang Desa/Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/7/20). Pada pelantikan itu tampak hadir Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Anggota Komisi IX DPR RI, dr. Ribka Tjiptaning yang sedang mengadakan reses di dapil Sukabumi.

Selain Ribka, hadir pula  perwakilan DPD PDI Perjuangan Jabar M. Jainudin, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama,  Ketua DPC Kota Sukabumi Iwan Adhar atau Bah  Uwo, jajaran pengurus dari DPC kota dan kabupaten, serta 19 komunitas seperti Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ) dan serikat buruh. 

Dalam penjelasannya, Ketua Bagana Max Rouland Beseke mengatakan, organisasi yang dipimpinnya telah memiliki pengurus di tiap provinsi serta kabupaten dan kota. Pengurus Baguna di daerah akan langsung terjun ke lapangan ketika di daerahnya terjadi bencana.

“Dalam waktu dekat kami akan menggelar pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas anggota di bidang kebencanaan,” ujar Max. 

Baguna juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga seperti BNPB dan Basarnas berdasarkan MoU yang ditandatangani Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Hj. Megawati Sukarnoputri dengan pimpinan lembaga-lembaga tersebut.

“Tinggal kami mengimplementasikan kerja sama tersebut di bawah. Dengan lembaga-lembaga tersebut, kami bekerja sama untuk pelatihan dan penanggulangan bencana,” kata dia.

Sementara itu Ribka menjelaskan, kedatangannya di Cikidang masih dalam rangka reses. Sesuai ketentuan partai, dia telah menyelenggarakan reses di struktural partai yaitu di dua DPC di Sukabumi. Hari ini reses bersamaan dengan pelantikan Ketua Baguna Kota dan Kabupaten Sukabumi. 

Pelantikan Ketua Baguna harus diprioritaskan karena dua daerah ini termasuk rawan bencana. Dalam menjalankan peran dan fungsinya, ujar Ribka, Baguna tidak hanya menangani bencana alam juga bencana sosial.  

“Kalau ada pasien ditolak rumah sakit atau tingkat pengangguran yang tinggi, Baguna akan turun untuk ikut menanganinya. Kami juga akan membikin balai latihan kerja. Baguna harus lebih siap dalam menangani segala jenis bencana,” ujar politisi yang di DPP bertugas menangani urusan bencana.

Di akhir acara kegiatan,  di lakukan pembagian 1000 paket sembako kepada 19 komunitas yang mengikuti acara tersebut  termasuk warga sekitar. (*)  

Print Friendly, PDF & Email