Diskusi Kebangsaan, GPII: Keberagaman Merupakan Hidayah

oleh -
Ketua Umum PP GPII, Masri Ikoni (duduk, kedua dari kiri) bersama rekan-rekannya setelah menggelar Diskusi Kebangsaan di kantor pusat GPII.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Ketua Umum PP GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia), Masri Ikoni mengatakan keberagaman merupakan hidayah untuk bangsa Indonesia. Karena itu, harapan Masri, jangan sampai keberagaman yang ada di Indonesia menjadi celah untuk dapat memecah belah bangsa ini.

banner 970x90

Pernyataan Ketum PP GPII itu disampaikan pada acara Diskusi Kebangsaan yang mengambil tema ‘Bingkai Persatuan Indonesia dalam Semangat Kebhinnekaan’ bertempat di Aula Kantor Pusat GPII, Jalan Menteng Raya No.58, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2019).

“Yang bisa menjadi persoalan di Indonesia saat ini adalah jika terjadi diskriminasi. Di dunia masih ada negara yang bersikap rasis dan diskriminatif, seperti Amerika Sserikat. Padahal hal sikap seperti itu dapat membahayakan negara sehingga Indonesia tidak boleh menirunya,” kata Masri.

Indonesia, lanjut dia, sudah lama ada yakni sejak zaman kerajaan. Hanya  sebagai negara baru berdiri tahun 1945. Indonesia sangat luas dengan beraneka ragam suku dan bahasanya. Meski dimikian Indonesia harus tetap satu di tengah segala perbedaan. Selain itu harus ada kesepahaman bersama untuk membangun Indonesia ke depan.

“Tidak ada jalan lain dalam memajukan Indonesia kecuali dengan jalan tengah. Artinya berbeda-beda tapi tetap satu. Jangan ada yang merasa ‘paling’,” kata Ketum GPII. 

Dalam kehidupan berbangsa saat ini, di mata Masri, masih ada saja pihak-pihak yang ‘memainkan’ isu SARA dengan  maksud ingin memecah belah bangsa. Menurut dia, tindakan seperti itu sangat rentan dan berisiko.

“Untuk mencegah upaya-upaya yang memecah belah bangsa,  masyarakat harus sadar bahwa kita beda tapi harus tetap satu. Salah satu kekayaan Indonesia adalah perbedaan. Bagaimana pemimpin bangsa saat ini bisa merangkum potensi yang ada di Indonesia sehingga menjadi lebih kuat,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email