Diskominfosan Gelar Rapat Persiapan Peluncuran Layanan Android Terintegrasi

oleh -
Plh Kepala Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Akhmad Riyadi didampingi Kabid IKP, Herdy Somantri pada rapat dinas yang salah satu agendanya pembahasan rencana peluncuran aplikasi layanan Android terintegrasi.

Wartawan Usep Mulyana

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat persiapan menuju peluncuran sistem layanan Android terintegasi. Pada rapat yang dipimpin oleh Plh. Kepala Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Akhmad Riyadi itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP)  Herdy Somantri memaparkan latar belakang dan urgensi sistem layanan tersebut.

banner 970x90

“Ke depan kita memiliki sebuah aplikasi berbasis Android yang bisa mengintegrasikan semua layanan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Layanan ini merupakan salah satu langkah dan komitmen dalam upaya membangun smart city,” kata Riyadi. 

Diketahui, sampai saat ini ada sektitar 90 sistem aplikasi versi web yang telah dibangun dan tersebar di perangkat daerah. Sebagian besar dari aplikasi tersebut berhubungan dengan pelayanan publik.

“Nantinya aplikasi-aplikasi tersebut akan diinventarisir untuk diketahui mana yang aktif dan mana yang pasif. Setelah itu, aplikasi-aplikasi itu diintegrasikan dengan sistem Android satu pintu dalam satu aplikasi agar masyarakat mudah menggunakannya,” kata Kepala Diskominfosan.

Inovasi layanan terintegrasi yang akan diluncurkan itu tidak tanggung-tanggung dalam fungsi dan cakupan layanannya. Bukan hanya mengintegrasikan sistem, Diskominfosan juga menerapkan aplikasi yang mirip-mirip jasa angkutan online. Pembahasan tentang rencana peluncuran sistem layanan terintegrasi itu  menjadi topik menarik dalam rapat tersebut.

Kabid IKP Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri selaku penggagas  menjelaskan, sistem layanan Android terintegrasi merupakan implementasi dari Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

“Sekitar dua bulan ke depan aplikasi tersebut akan luncurkan dan bisa didowndload di Playstore,” ujar Herdy. 

Sistem tersebut, lanjut dia,  memiliki konstruksi dan struktur yang dibangun mengunakan sistem IOS/hybrid sehingga bisa digunakan di aplikasi Android atau Apple. Dia mengharapkan menuju waktunya peluncuran tidak ada kendala yang berarti sehingga sistem aplikasi dapat segera digunakan oleh masyarakat.

Aplikasi layanan terintegrasi tersebut juga merupakan proyek perubahan yang diajukan Herdy pada kegiatan Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan Tingkat III di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia yang dikerjasamakan dengan BPSDM Provinsi Jawa Barat. (*)

Print Friendly, PDF & Email