Di Tengah Wabah, Pemdes Cisaat Tunda Sementara Pembangunan Aula Desa

oleh -
Kepala Desa Cisaat, R. Iwan Setiawan

Wartawan Denny Nurman AJ

Pemerintah Desa (Pemdes) Cisaat, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi untuk sementara menunda pembangunan aula desa yang dananya berasal dari bantuan Pemprov Jabar tahun 2020. Penundaan kegiatan ini terkait dengan masih berlangsungnya wabah Covid-19.

banner 970x90

Kepala Desa Cisaat, R. Iwan Setiawan mengatakan, dengan penundaan tersebut dana untuk pembangunan aula desa sebesar Rp92 juta belum digunakan. Total bantuan gubernur tahun 2020 untuk Desa Cisaat mencapai Rp130 juta.

Saat ini Pemdes Cisaat lebih memprioritaskan penggunaan dana bantuan gubernur untuk insentif dan operasional aparatur pemerintah desa serta pengadaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan pendidikan dan kesehatan.

Penundaan pembangunan aula desa, lanjutnya, juga terkait dengan penggunaan bangunan tersebut untuk kegiatan-kegiatan yang diprioritaskan. Sampai sekarang aula desa masih digunakan untuk kegiatan pelayanan dan pembagian bansos bagi warga terdampak Copid-19.

“Kalau ruangan itu dibongkar sekarang, kami akan kesulitan mencari tempat untuk pembagian bantuan sosial seperti bantuan langsung tunai Dana Desa dan bantuan sosial tunai. Kegiatan tersebut sulit dilakukan di tempat lain,” jelas Iwan.

Adapun tentang penggunaan bantuan gubernur, dana tersebut telah dialokasikan untuk insentif perangkat desa sebesar Rp15 juta, sarana posyandu Rp17,5 juta untuk 10 kelompok, pokjanal desa Rp1 juta, dan belanja pulsa untuk program sapa warga bagi ketua RW sebesar Rp4,5 juta. (*)  

Print Friendly, PDF & Email