Bulan Ramadhan dan Syawal, Tukang Sumur Bor Laris Manis

oleh -
Profesi yang menyediakan jasa pembuatan sumur bor di wilayah Kota Sukabumi termasuk langka dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Bulan Ramadhan dan Syawal, Tukang Sumur Bor Laris Manis

Wartawan Iyus Firdaus PWI

banner 970x90

Tukang sumur bor panen order selama bulan Ramadhan. Bahkan selepas Idul Fitri pada bulan Syawal, mereka masih menerima pekerjaan dari warga yang membutuhkan sumur sebagai sumber air bersih rumah tangga. Salah seorang pembuat sumur bor, Darmi (52) tidak henti-hentinya memenuhi permintaan warga sejak awal bulan Puasa.

“Selama bulan Ramadhan, kami mengerajakan oreder hampir satu bulan penuh. Saya bersama rekan-rekan membuat sumur bor di enam titik,” kata Darmi ketika sedang mengerjakan sumur bor di Perum Nirwana Graha (PNG), Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Selasa (26/5/2020).

Begitu sibuknya, ujar dia, selama bulan Ramadhan lalu, dirinya bersama tim kerja lebih sering menghabiskan hari-harinya di luar rumah. Darmi yang berdomisili di Kampung Cikapek RW 10 Kelurahan Dayeuhluhur berkeliling ke berbagai tempat seperti Baros, Sukaraja, Rawasalak, dan Lembursitu.

“Alhamdulillah selama bulan puasa kemarin orderan untuk pembuatan sumur bor cukup banyak,” ucapnya.

Darmi bersama dua rekannya hanya butuh waktu satu hari untuk bisa membereskan sumur bor dengan kedalaman 10 meter. Kadang-kadang sampai dua atau tiga hari tergantung kondisi tanah yang digali dengan mata bor. Kalau banyak batu, proses pengeboran bisa lebih lama.

“Peralatan yang saya miliki sangat ramah lingkungan tidak berisik serta tidak mengotori lingkungan karena manual. Kami tidak menggunakan mesin yang berisik,” tutur Darmi.

Untuk upah operasional, Darmi menentukannyaq berdasarkan lokasi tempuh dan ongkos menuju lokasi. Biasanya dia mematok tarif sebesar Rp250 ribu/meter. Sebagian besar sumur bor yang dibuatnya sudah mengeluarkan air bersih pada kedalaman 8 hingga 10 meter.

“Sebenarnya untuk tarif masih bisa nego. Kami lihat jarak dan kondisi tanah juga. Kepuasan pelanggan akan kami jaga. Kami bekerja sampai dapat air bersih dan layak untuk diminum,” kata dia.

Bagi warga sekitar Kota Sukabumi hingga perbatasan Kabupaten Sukabumi yang membutuhkan jasa Darmi dan tim bisa menghubungi ke nomor telepon selulernya 085798171996.  (*)

Print Friendly, PDF & Email