Monitoring, Sekda Ingin Pastikan Penanganan Bencana di Kertaangsana Tertangani

oleh -
Dalam monitoring darurat ke lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Kertaangsana, Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri (paling depan) mendatangi lokasi jalan raya yang terdampak.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengggelar monitoring penangganan bencana darurat pergeseran tanah di Kampung Gunungbatu,  Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Jumat (26/4/2019). Monitoring tersebut bertujuan untuk memastikan penanganan pergeseran tanah di Desa Kertangsana dapat dilakukan dengan baik dan sesuai rencana. 

Karena jabatannya, sekda juga menjabat kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Iyos menjelaskan, sebagai kepala BPBD, dia telah mengkoordinasikan seluruh perangkat daerah dan instansi terkait untuk segera mengecek lokasi dan turun ke lokasi pergeseran tanah yang mengakibatkan tanah retak-retak dan amblas di Desa Kertaangsana.

“Kami harus bergerak cepat dan terjun ke lokasi untuk mengantisipasi munculnya berbagai kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan pokok serta menyiapkan sarana prasana di tempat pengungsian,” kata Iyos. 

Pasca bencana, jumlah warga yang tinggal di pengungsian mencapai 144 jiwa. Sekda mengharapkan dalam waktu dekat ini sudah dapat diselesaikan  penyediaan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan akan sarana MCK, sarana air bersih, makanan dan minuman, serta pelayanan kesehatan untuk warga yang tinggal di pengungsian.

“Kami juga menghimbau warga yang lingkungan permukimannya terdampak pergeseran tanah untuk tetap waspada ketika hujan. Tinggalkan permukiman kalau hujan atau setelah pukul 5 sore dan kembalilah ke tempat pengungsian,” ujar Iyos. (*)

Print Friendly, PDF & Email