Bupati Promosikan Potensi Pariwisata di Bali

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (kiri) dan Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa seusai penandatanganan kerja sama promosi dan pengembangan potensi wisata.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Guna mendorong pengembangan dan promosi pariwisata, Bupati Sukabumi menandatangani kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan kepariwisataan dengan Pemda Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Melalui kerja sama tersebut, Pemkab Badung akan mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Sukabumi. 

banner 720x90

“Kami menyepakati kerja sama di antara dua daerah untuk pengembangan pariwisata. Dengan adanya perjanjian ini, ke depan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi bisa dipromosikan di Kabupaten Badung, Bali, baik melalui iklan digital ataupun sistem informasi lainnya yang dimiliki oleh Pemkab Badung,” kata Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami setelah penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Antar Pemerintah Daerah di Kantor Bupati Badung, Kamis (25/4/2019).

Yang paling penting dari kerja sama tersebut, ujar bupati, memang bidang promosi. Melalui promosi yang gencar, masyarakat dunia yang datang ke Bali akan mengetahui ada destinasi lain yang berbeda dengan Bali di Kabupaten Sukabumi. Salah satunya Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Saat para turis berkunjung ke Jakarta, kata bupati, mereka akan tertarik untuk berkunjung ke Sukabumi.  

“Kami juga ingin banyak belajar dan mencermati potensi serta pemasaran pariwisata. Tentunya potensi SDM, budaya, dan alam di Kabupaten Sukabumi perlu mendapat perhatian dalam rangka pengembangan pariwisata,” tutur Marwan.

Di tempat yang sama Wakil Bupati (Wabup) Badung, I Ketut Suiasa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja sama yang dibangun oleh Pemkab Sukabumi dalam pengembangan pariwisata. Sektor pariwisata, kata Suiasa, mampu memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Saat ini, sektor pariwisata memberikan kontribusi sebagai penghasil pendapatan negara pada posisi kedua.

“Kami merasa bahagia atas kesediaan Kabupaten Sukabumi untuk menggandeng kami dalam memajukan sektor pariwisata,” kata dia. 

banner 720x90

Menurut Wabup Badung, point penting dalam membangun pariwisata adalah penguatan di bidang SDM, budaya, dan pengelolaan potensi alam. Bali, kata dia,  tidak pernah terintervensi oleh politik, juga tidak pernah terjadi konflik masalah agama. Selain itu Bali sangat kental dengan budaya serta pengelolaan alamnya. 

Dalam waktu dekat, Suiasa akan berkunjung ke Kabupaten Sukabumi untuk melihat secara langsung potensi wisata yang akan dikembangkan, termasuk geopark. (*)

Print Friendly, PDF & Email