Percepat Tender, BPBJ Jemput Bola Paket Kegiatan ke SKPD

oleh -
Paket pembangunan Kantor Kelurahan Citamiang oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan dalam waktu dekat akan dikerjakan oleh pemenang tender.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Untuk mempercepat proses tender atau seleksi dalam pengadaan barang dan jasa, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Sukabumi melakukan jemput bola ke SKPD-SKPD. Hal itu dilakukan karena menjelang Pilpres dan Pemilu 2019, SKPD sebagai leading sector dari pengadaan barang dan jasa akan lebih berhati-hati sehingga kemungkinan akan terjadi keterlambatan dalam proses tender.

banner 970x90

“Kamilah yang mendatangai SKPD untuk mempercepat proses tender pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kami langsung menanyakan paket-paket kegiatan ke setiap SKPD,” kata Kepala BPBJ Setda Kota Sukabumi, Fahrurrazi Dipertuanagung ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (26/3/2019).

Diharapkan Fahrurrazi, seluruh paket kegiatan di semua SKPD sudah selesai tender agar dinas, badan, kantor kecamatan, dan SKPD lainnya dapat  segera melaksanakan kontrak. Dengan demikian pada bulan Juni semua kontrak sudah mulai dilaksanakan kegiatannya. Dia memaklumi keterlambatan di SKPD mengingat adanya faktor keterbatasan SDM atau rencana perubahan struktur.

“Jangan sampai tender-tender numpuk di akhir tahun. Kalau pekerjaan kumpul di akhir tahun, semuanya akan terbebani, baik secara anggaran, PPK yang mengawasi, dan beban kami dalam melakukan monitoring. Belum lagi muncul penilaian kurang baik dari masyarakat yang memandang sinis tumpukan pekerjaan  di akhir tahun. Ada juga faktor cuaca yang menghambat untuk pekerjaan pembangunan infrastruktur,” ujar Fahrurrazi.

Sampai askhir bulan Maret 2019 ada 32 paket yang masuk daftar sedang dan telah selesai tender atau seleksi dengan dana yang bersumber dari APBD 2019 Kota Sukabumi. Ada lagi paket yang dibiayai APBN yaitu pekerjaan di Polres Sukabumi Kota antara lain dua paket makan minum, dua paket pengadaan pemeliharaan kendaraan, dan pembangunan asrama polisi.

“Dari 32 paket sumber dana APBD sebagian sudah selesai tender seperti belanja makan minum di Bagian Kesra, sedangkan yang sedang dalam proses antara lain pembangunan gedung Kantor Kelurahan Citamiang,” ujar dia.

Besaran angggaran untuk 32 paket kegiatan itu mencapai Rp44.105.502.930. Kegiatan yang anggarannya di atas Rp2 miliar antara lain peningkatan Jalan Karamat yang mencapai Rp2.402.004.000 di Dinas Perhubungan juga dua paket di Dinas Pekerjaan Umum yakni pembangunan Kantor Kelurahan Baros sebesar Rp2.908.000.000 dan pembangunan Kantor Kelurahan Citamiang yang mencapai Rp2.100.000.000.

Anggaran untuk beberapa paket pengadaan konstruksi gedung di Dinas Kesehatan mencapai  Rp9.717.900.000. Untuk paket pembangunan kantor kelurahan, datanya sudah lengkap dana akan tayang pembangunan. Sampai saat ini, BPBJ masih menghadapi kendala antara lain belum lengkapnya data yang diajukan SKPD. (*)

Print Friendly, PDF & Email