Pemkab Sukabumi Mendukung Penuh Program P2WKSS

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono menyambut tim verifikasi awal pogram P2WKSS di Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) telah dijadikan desa model di Kabupaten Sukabumi. Setiap tahun selalu ada desa yang dinominasikan untuk meraih prestasi di tingkat provinsi, bahkan nasional. P2WKSS mendapat dukungan penuh dari Pemda Kabupaten Sukabumi untuk dilanjutkan dan dipertahankan.

banner 720x90

“Program ini  telah menjadi agenda tahunan di daerah kami. Pemerintah Daerah telah memberikan dukungan yang sangat tinggi terhadap program P2WKSS yang diimplementasikan ke dalam desa model,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi saat menerima Tim Verifikasi Awal Program P2WKSS Provinsi Jawa Barat di Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Senin (25/3/2019).

Tahun ini pilihan untuk desa unggulan program P2WKSS jatuh ke Desa Berekah. Karena manfaatnya nyata untuk mewujudkan visi Sukabumi lebih baik, ujar wabup, program tersebut selalu ditindaklanjuti oleh pemda. Dia mengharapkan dengan adanya program P2WKSS kaum perempuan ambil bagian dalam kegiatan pembangunan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Desa Berekah sebagai desa binaan program P2WKSS di tahun 2019 ini bisa menjadi motivator dan suri teladan bagi desa lainnya sehingga akan bermunculan desa-desa binaan lainnya. Kami mengharapkan kaum perempuan di desa binaan ini dapat mengubah pola pikir terkait peran perempuan dalam pembangunan,” kata wabup.

Didorong oleh semangat program P2WKSS, kaum perempuan harus bisa menempatkan diri pada posisi-posisi strategis dalam kegiatan pembangunan. Mereka, lanjutnya, tidak hanya sebatas menjadi pelaksana dan pengatur urusan dalam rumah tangga. Kaum perempuan juga harus dan bisa mengambil peran penting dalam pembangunan sebagai wujud kesetaraan dan keadilan gender. 

Saat menerima Tim Verifikasi Program  P2WKSS Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh diterima Inge Wahyuni, wabup didampingi Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri. Kedua pejabat tersebut menyambut tim di SDN Cijulang Desa Berekah.

banner 720x90

Dalam keterangannya Inge mengatakan, Program P2WKSS tahun 2019 diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Berkah dalam pemberdayaan kaum perempuan supaya memiliki peran strategis dalam pembangunan.

Tim yang dipimpinnya datang ke Desa Berekah untuk melakukan verifikasi awal terhadap pelaksanaan program tersebut. Inge dan jajarannya juga menyerahkan bibit durian untuk ditanam di Desa Berekah. (*)

Print Friendly, PDF & Email