Saba Desa Pariwisata, Bupati Promosikan Cidolog

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memberikan santunan kepada pelajar yatim pada kegiatan Saba Desa Pariwisata di Curug Caweni, Desa/Kecamatan Cidolog.

Wartawan M. Hamjah

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mempromosikan potensi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. Dalam waktu dekat, Kecamatan Cidolog akan melahirkan beberapa destinasi wisata yang menyebar di semua desa. Pemkab Sukabumi akan terus mendorong lahirnya destinasi-destinasi wisata di tingkat desa.

banner 720x90

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika membuka kegiatan Saba Desa Pariwisata di Curug Caweni di Desa/Kecamatan Cidolog, Selasa (25/2/2020). Cidolog, ujar Marwan, memiliki potensi besar untuk melahirkan berbagai destinasi wisata.  

“Potensi sumber daya alam yang melimpah di Kecamatan Cidolog harus digali. Apalagi, keberadaan destinasi wisata akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar bupati.

“Contoh di Ciletuh yakni di sekitar kawasan geopark, banyak keluarga yang membuka homestay bagi wisatawan. Kegiatan ini berdampak positif, saat ini jumlah TKW ke Arab dari kawasan tersebut berkurang drastis. Mereka telah memiliki usaha keluarga dari kegiatan pariwisata di sana,” tambah Marwan.

SDA yang ada di wilayah Cidolog dapat jadi pengungkit perekonomian masyarakat, lanjut dia. Karena dari sektor pariwisata banyak kegiatan ekonomi yang berkembang. Menurut bupati, mengembangkan objek wisata baru merupakan langkah strategis untuk membuka peluang ekonomi masyarakat.

“Saba Desa Pariwisata ini bertujuan untuk mendorong penggalian potensi wisata baru di semua wilayah di Kabupaten Sukabumi,” kata dia. 

Pada acara Saba Desa Pariwisata itu, bupati memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim dan membagikan kutipan akta nikah kepada pasangan yang mengikuti isbat nikah massal.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani mengatakan, di Kabupaten Sukabumi terdapat sekitar 110 destinasi wisata.  Destinasi wisata tersebut akan terus ditata dengan membangun sarana dan prasarana pendukung. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosilasasikan dan mempromosikan destinasi wisata di wilayah Cidolog, termasuk di dalamnya peluncuran agenda peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Usman.

Camat Cidolog Sujana meyakini kegiatan Saba Desa Pariwisata akan mendatangkan manfaat positif  bagi pengembangan pariwisata di wilayahnya. Dia mengharapkan ke depannya Curug Caweni menjadi destinasi wisata berlevel internasional. (*)

Print Friendly, PDF & Email