Dulu Keracunan, Pangkalan Menjadi Kampung Sehat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) menyerahkan penghargaan kepada penggiat kebersihan di Kampung Pangkalan, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi pada deklarasi Kampung Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Wartawan Nanang Setiana

Kampung Pangkalan di Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi sempat menjadi bintang pemberitaan ketika 170 warganya mengalami keracunan massal pada 10 September lalu. Setelah peristiwa yang merenggut dua nyawa itu membuat warga trauma, kini Pangkalan menjadi kampung yang sehat, bersih, dan sadar sanitasi.

Berbagai upaya dilakukan Pemkab Sukabumi untuk mencegah terulangnya musibah kesehatan di Kampung Pangkalan. Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memerintahkan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) dan Dinas Kesehatan setempat untuk menggulirkan program penyehatan lingkungan di Kampung Pangkalan.

Dari berbagai upaya itu, bupati bersama warga Pangkalan dapat menggelar deklarasi Kampung Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Minggu (24/11/2019). Ratusan warga antusias mengikuti acara deklarasi kampung STBM tersebut. Pada kegiatan itu tampak hadir Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat Hj. Yani Jatnika.

“Deklarasi ini bukan hanya seremonial, melaninkan harus dijadikan acuan untuk terus menjaga lingkungan. Setelah acara ini, tidak ada lagi sampah berserakan dan air yang tercemar. Deklarasi harus dijadikan pegangan oleh masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungaan,” kata bupati ketika memimpin deklarasi Kampung STBM.

Bupati meminta kepada masyarakat agar lebih aktif untuk memahami dan mempraktikkan upaya menjaga kesehatan, terutama kepada anak-anak. Dia menitipkan anak-anak kepada para orang tua dan guru untuk diberi ilmu dan pemahaman tentang kebersihan dan keselamatan lingkungan di tempat mereka tinggal.

Sementara itu Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman menyampaikan bahwa pemberdayaan masyarakat merupakan kunci dari keberhasilan program kesehatan lingkungan. Untuk mensukseskan Kampung STBM, dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan supaya terbebas dari sumber penyakit. 

“Mudah-mudahan deklarasi ini akan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan makanan yang sehat sehingga tidak akan terjadi lagi KLB seperti keracunan massal,” kata Ujang.

Pada acara deklarasi itu, Bupati Sukabumi menyerahkan penghargaan kepada para penggiat kebersihan di lingkungan masyarakat Pangkalan. Bupati juga memberikan hadiah untuk pemenang lomba kebersihan lingkungan dan lomba kerajinan tangan dari proses daur ulang sampah di Desa Bojonggaling. (*)

Print Friendly, PDF & Email