Tidak Dilibatkan dalam Haornas, KONI Kecewa Berat

oleh -
https://pelitasukabumi.com/2019/10/25/4094/kab-sukabumi/tidak-dilibatkan-dalam-haornas-koni-kecewa-berat/

Wartawan AEP SAEPUDIN

Karena tidak dilibatkan dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), KONI Kabupaten Sukabumi menyatakan sikap kecewa sebesar-besarnya. Terkait persoalan itu, Ketua KONI Kabupaten Sukabumi, Sirojudin menggelar jumpa pers di kantornya Kompleks GOR Cisaat, Kamis (24/10/2019) sore.

“Menyikapi Haornas tahun ini, kami sangat miris. Haornas yang kita impikan dan dambakan sebagai hari besarnya para insan olahraga yang ditunggu-tunggu berlangsung tanpa melibatkan kami sebagai induk organisasi olahraga. Kami kecewa sekali,” kata Sirojudin.

Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi  menyelenggarakan Haornas di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Rabu (23/10/2019) lalu.  Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan peresmian Pekan Olahraga Pemda (Porpemda) Kabupaten Sukabumi ke-10 tahun 2019.  

Sementara Sekretaris KONI Kabupaten Sukabumi, Fachri menyatakan, selama ini Sirojudin dan jajaran pengurus selalu menghargai Disbudpora Kabupaten Sukabumi. Dalam segala hal yang terkait dengan pengembangan olahraga di Kabupaten Sukabumi, KONI selalu berkoodinasi dengan Disbudpora.

“Bahkan, rencana peringatan Haornas juga sempat kami tanyakan kepada Disbudpora pada awal bulan September lalu. Namun waktu itu pihak Disbudpora menjawab, belum ada rencana. Kami juga menanyakan hal serupa pada akhir September,” ujar Fachri.

Sampai H-3, Facry masih terus berkoordinasi dengan Disbudpora. Waktu itu ada jawaban dari Sekda selaku Ketua PHBN yang menyatakan, untuk Haornas tidak ada anggaran. Tahu-tahu Haornas digelar tanpa melibatkan KONI, tutur dia.

Sementara itu, saat dikonfirmasi di Pendopo Sukabumi, Kepala Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Iwan Kustian menyatakan permintaan maaf kepada KONI Kabupaten Sukabumi. Menurut Iwan, klarifikasi dan permintaan maaf telah disampaikan secara resmi oleh sekda sebagai ketua PHBN.

“Protes ini akan kami jadikan introspeksi oleh kami. Ke depan, peringatan Haornas harus lebih baik dan  lebih meriah dan sesuai dengan harapan KONI,” kata Iwan. (*)

Print Friendly, PDF & Email