Cijalingan Alokasikan Banprov 2019 untuk Jalan Desa

oleh -
Pembangunan jalan desa di Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi yang dibiayai oleh dana banprov tahun anggaran 2019.

Wartawan Nanang Setiana

Pemdes Cijalingan mengalokasikan dana bantuan dari Pemprov Jabar untuk membangun jalan desa. Adanya bantuan tersebut dapat membantu mobilitas warga, terutama petani dalam mengangkut hasil pertanian menuju tempat penampungan hasil pertanian. Desa yang terletak di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi itu terkenal sebagai salah satu sentra produk pertanian.

“Kami fokus pada peningkatan mutu infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas dan memperlancar arus barang produk pertanian seperti jalan, jembatan, dan irigasi. Dengan begitu Banprov juga kami alokasikan untuk membangun jalan agar manfaatnya dapat dinikmati para petani,” kata Kepala Desa Cijalingan, Didin Jamaludin kepada wartawan, Jumat (25/10/2019).

Dia yakin, banprov yang dikucurkan ke desanya dapat membantu warga dalam melancarkan perjalanan untuk berbagai keperluan. Di bawah kepemimpinan Kades Didin, pembangunan infrastruktur di Desa Cijalingan mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Bentangan jalan desa yang dibangun oleh dana banprov tembus hingga ke pelosok Cijalingan.

“Tahun depan pun, dana banprov kami gunakan untuk membangun infrastruktur. Dengan demikian, banprov dapat mengubah infrastruktur di desa kami menjadi lebih baik,” ujarnya.

Kehadiran infrastruktur yang layak dengan kondisi mulus, kata Didin, dapat membantu produktivitas dan kesejahteraan warga. Para petani, misalnya, bisa menikmati infrastruktur jalan dan jembatan untuk proses distribusi agar lebih cepat dan murah. Begitu juga dengan hadirnya irigasi dapat menjamin pasokan air dengan kondisi lancar dalam jumlah yang cukup.

“Dengan demikian, petani dapat mengurangi biaya produksi secara keseluruhan,” jelas dia.

Jika tidak ada infrastruktur perhubungan, tutur Didin, para petani akan mengeluarkan biaya yang sangat tinggi, terutama pada musim panen untuk pengangkutan hasil panen. Begitu juga tanpa saluran irigasi yang memadai, biaya produksi akan meningkat, terutama pada musim kemarau. (*)

Print Friendly, PDF & Email